Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian dan Perbedaan Massa dan Berat

Pengertian dan Perbedaan Massa dan Berat – Halo sobat fisika, kali ini kita akan membahas tentang pengertian dan perbedaan massa dan berat. Baiklah tanpa menunggu lama mari kita langsung simak pembahasan berikut ini.

Pengertian/Definisi Massa

Pengertian Massa adalah besaran yang menunjukkan ukuran inersia (inersia adalah kecenderungan semua benda fisik untuk menolak perubahan terhadap keadaan geraknya) yang dimiliki oleh suatu benda atau jumlah partikel yang dikandung zat. Massa suatu benda tidak akan bisa mengalami perubahan atau bersifat tetap di mana pun benda itu berada.

Pengertian/Definisi Berat

Berat adalah besaran yang menunjukkan ukuran percepatan gravitasi yang memengaruhi massa benda, berat suatu benda Pengertian dan Perbedaan Massa dan Berat Dalam Ilmu Fisikadapat berubah-ubah tergantung pada percepatan gravitasi di lingkungan beradanya benda tersebut. Misalnya saja berat suatu benda di bumi akan berbeda dengan berat benda di bulan, karena percepatan gravitasi bumi dan bulan berbeda dan di bulan benda akan terlihat mengapung. Untuk mencari berat suatu benda cukup dengan mengalikan massa benda dan percepatan gravitasi, berikut ini rumusnya :

Rumus Persamaan Gaya berat

w = m x g
Keterangan: 
w = berat benda (N/Newton)
m = massa benda (kg/Kilogram)
g = percepatan gravitasi (m/s2 atau N/kg)

Perbedaan Massa dan Berat

  • Massa merupakan jumlah partikel atau banyaknya materi yang dikandung zat/benda, sedangkan berat adalah massa yang dipengaruhi gravitasi.
  • Nilai massa tidak berubah atau tetap, sedangkan nilai berat dapat berubah, tergantung gravitasi di mana benda itu berada.
  • Massa dinyatakan dalam satuan kg (Kilogram), sedangkan berat biasanya dinyatakan dalam satuan Newton
  • Massa termasuk dalam besaran skalar dan pokok, sedangkan berat termasuk besaran vektor dan turunan.
  • Massa merupakan besaran yang tidak mempunyai arah, sedangkan berat adalah besaran yang mempunyai arah.
  • Massa dapat diukur menggunakan neraca, sedangkan berat diukur menggunakan neraca pegas atau dinamometer.

Baca Juga :

Demikian penjelasan artikel tentang pengertian dan perbedaan massa dan berat, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda. Sekian terima kasih

Updated: 1 Februari 2019 — 1:37 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!