Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian dan Wewenang Mahkamah Agung

Pengertian dan Wewenang Mahkamah Agung – Negara kita adalah salah satu negara hukum, yang mana membuat negara ini dapat berdiri sekian puluh tahun yang disebabkan karena adanya hukum yang berlaku, sehingga menjadikan negara ini memiliki peraturan sedemikian rupa sehingga masyarakat dapat hidup beradab, damai, dan sejahtera, walaupun pada prakteknya pada saat ini masih sangat jauh dari pada cita – cita dari pendiri dan pahlawan negri ini, namun semua itu memang hal yang sulit untuk tercapai dan untuk saat ini kita masih berproses dan terus berkembang untuk dapat mencapai cita – cita yang diinginkan oleh seluruh Rakyat Indonesia.

Seperti yang sudah disebutkan diawal bahwa negara ini adalah negara hukum, maka dari itu pastilah kita memiliki sebuah lembaga negara badan kehakiman tertinggi yang mana membawahi berbagai badan peradilan, yang mana badan – badan peradilan tersebut antara lain adalah peradilan umum, peradilan agama, peradilan militer, dan peradilan tata usaha negara. Lembaga ini dikenal dengan nama Mahkamah Agung atau seringkali disingkat menjadi MA, seperti yang kita ketahui bahwa MA adalah lembaga tertinggi pada bidang kehakiman maka lembaga ini adalah salah satu lembaga yang bebas dari berbagai macam intervensi kekuasaan lembaga lainnya yang mana dapat dikatakan bahwa MA adalah sebuah lembaga yang berdiri sendiri dan mandiri.

Mahkamah Agung terdiri atas pimpinan, hakim anggota, panitera, dan seorang sekretaris.

Untuk Ketua Mahkamah Agung dipilih dari dan oleh Hakim Agung, kemudian diangkat oleh presiden.

Adapun wewenang Mahkamah Agung dalam lingkungan peradilan yakni adalah :

  • Memeriksa dan memutus permohonan kasasi terhadap putusan pengadilan tingkat banding atau tingkat terakhir dari semua lingkungan peradilan
  • Memeriksa dan memutus permohonan peninjauan kembali putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap
  • Memeriksa dan memutus sengketa mengenai kewenangan mengadili
  • Menguji secara materiil hanya terhadap peraturan perundang – undangan di bawah undang – undang
  • Meminta keterangan mengenai hal – hal yang bersangkutan dengan teknis peradilan dari semua lingkungan peradilan
  • Memeriksa dan memutus permohonan peninjauan kembali pada tingkat pertama dan terakhir atas putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap
  • Mengajukan 3 (tiga) orang anggota Hakim Konstitusi
  • Memberikan pertimbangan dalam hal Presiden yang akan memberikan grasi dan rehabilitasi

Baca Juga :

Mungkin sekian informasi dan pengetahuan mengenai pengertian dan wewenang daripada Mahkamah Agung yang merupakan lembaga negara pada bidang kehakiman tertinggi, semoga apa yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan menjadi penambah wawasan bagi siapapun yang membaca, terimakasih.

Updated: 13 Februari 2019 — 7:58 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!