Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian Estetika

Pengertian Estetika – Yang dimaksud dengan istilah estetika adalah sangat erat kaitannya dengan bidang seni dimana ada banyak ahli yang memberi rekomendasi untuk dapat dikategorikan ke dalam beberapa definisi yang sepintas lalu berkesan mengandung makna yang sama namun tak sedikit yang menjelaskan bahwa estetika merupakan sebuah bentuk terkait dengan sisi keindahan dalam wujud berbeda – beda dengan istilah seni yang dimaksud.

Dari banyaknya pendapat yang bermunculan, maka mulailah dilakukan pemahaman yang mengambil sudut pandang berbeda – beda dari masing – masing kalangan tentang terjemahan – terjemahan dari yang berhubugan dengan makna terkandung dalam kata estetika lalu muncullah kesimpulan yang menanggapi dan menjelaskan tentang definisi dari estetika adalah pengertian – pengertian menurut sekumpulan para ahli tentang bidang yang dimaksud.

1. Pengertian Estetika Menurut Plato

Di dalam teorinya, Plato menjelaskan tentang makna dari estetika adalah erat hubungannya dengan watak yang indah berhubungan dengan hukum yang indah juga.

Penjelasan Definisi

Keindahan yang dimaksud tersebut di atas adalah keindahan yang bisa dijadikan cerminan terhadap watak seseorang untuk selanjutnya diibaratkan seperti ini : saat seseorang beruntung dianugerahkan watak yang indah maka akan secara langsung watak tersebut akan mencerminkan dan menghubungkan watak ini terhadap semua hukum keindahan. Didukung oleh teori – teori lainnya yang menjelaskan bahwa segala sesuatu yang pada awalnya indah maka untuk selanjutnya akan menjadi indah, selamanya.

2. Penjelasan Makna Estetika Menurut Dra. Artini Kusmiati

Estetika adalah sebuah kondisi yang erat hubungannya dengan nilai – nilai keindahan yang hanya mampu dirasakan oleh seseorang dan nilai keindahan yang dimaksud baru akan benar – benar nyata dirasakan jika adanya jalinan perpaduan yang harmonis antara elemen – elemen keindahan yang saling berhubungan terhadap sebuah objek.

Penjelasan Makna

Berdasarkan atas pengertian di atas bisa disimpulkan bahwa estetika merupakan hal – hal yang erat hubungannya dengan nilai keindahan dari sudut pandang seseorang dan bagaimana seseorang mampu untuk memandang sebuah objek tertentu yang memiliki nilai – nilai tersendiri untuk dinikmati di dalam hati.

3. Pengertian Estetika Menurut Katstsoff

Estetika adalah hal – hal yang menyangkut tentang sebuah lukisan terhadap perasaan seseorang dimana perasaan ini khusus menggambarkan tentang perasaan yang berhubungan dengan nilai – nilai keindahan.

Penjelasan Definisi

Dari penggambaran definisi tersebut di atas oleh Katstsoff tentang makna estetika maka dapat diibaratkan dengan kondisi membandingkan antara dua orang wanita dimana wanita pertama adalah wanita cantik namun terpancar hanya dari sisi fisik saja yaitu nyaman dinilai dan dilihat oleh mata.

Baca Juga :

Tentang wanita kedua adalah indah yang menggambarkan tentang seorang wanita yang cantik sekaligus mempesona untuk jangka waktu panjang dimana selain menonjol karena paras ayu juga menyimpan nilai – nilai tambah dengan pesona kelebihan lain dimiliki terutama berhubungan dengan nilai – nilai estetika dan keindahan.

Updated: 26 Desember 2018 — 2:04 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!