Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Motivasi

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Motivasi – Pengertian Motivasi merupakan dorongan atau alasan yang menggerakkan seseorang untuk melakukan sesuatu atau mencapai tujuan tertentu.

Dorongan ini dapat berasal dari dalam diri sendiri maupun dari lingkungan sekitar, dan dapat berupa hal yang positif maupun yang negatif.

Seseorang yang memiliki kurang motivasi dapat menjadi kurang berusaha untuk mencapai tujuannya. Motivasi memberikan seseorang dorongan secara sadar untuk menyelesaikan tugasnya.

Manusia memang pada hakekatnya berorientasi pada tujuan dan ingin untuk mencapai tujuan tersebut. Motivasi yang dimiliki seseorang tidaklah selalu sama. Motivasi dapat berubah seiring waktu, dan dapat pula naik maupun turun intensitasnya.

Fungsi Motivasi

Motivasi merupakan hal yang penting untuk dimiliki manusia yang ingin mencapai tujuannya. Hal ini karena motivasi memiliki beberapa fungsi Motivasi seperti sebagai berikut:

  • Mendorong dilakukannya perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu.
  • Mengarahkan manusia pada tujuan yang ingin dicapainya.
  • Besar atau kecilnya motivasi mempengaruhi kecepatan individu untuk mencapai tujuannya.
  • Memberikan semangat kepada manusia.
  • Membuat seseoang menjadi lebih rajin, disiplin, produktif, dan bertanggung jawab.

Jenis-jenis Motivasi

Berdasarkan sumbernya, ada dua jenis motivasi, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik.

  1. Motivasi intrinsik

Motivasi intrinsik yaitu motivasi yang berada dari dalam diri sendiri seorang individu, tidak memerlukan adanya rangsangan dari luar. Dalam diri seseorang tersebut memang sudah ada dorongan internal untuk melakukan sesuatu. Misalnya apabila seseorang yang memang menyukai membaca buku ingin untuk menyelesaikan membaca satu buah buku. Hal ini dilakukan karena orang tersebut memang ingin untuk membaca, bukan karena faktor luar seperti persaingan atau hadiah.

  1. Motivasi ekstrinsik

Motivasi ekstrinsik yaitu motivasi yang berasal dari lingkungan seorang individu. Contoh dari motivasi ekstrinsik yaitu misalnya adanya hadiah bagi siswa yang mendapat nilai tinggi, adanya persaingan untuk mencapai sesuatu, adanya tekanan dari masyarakat, dan lain sebagainya.

Berdasarkan jenisnya, motivasi dapat dibagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut:

  1. Motivasi instrumental

Motivasi instrumental yaitu motivasi berupa adanya sesuatu atau benda yang didapatkan apabila mencapai suatu tujuan, misalnya pemberian hadiah.

  1. Motivasi sosial

Motivasi sosial yaitu motivasi yang berasal dari orang lain, misalnya tekanan sosial atau pemberian pujian.

  1. Motivasi berprestasi

Motivasi berprestasi yaitu rasa ingin mencapai tujuan tertentu.

  1. Motivasi intrinsik

Motivasi intrinsik yaitu motivasi yang berasal dari dalam diri seorang individu.

Baca Juga :

Updated: 12 November 2018 — 3:25 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!