Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Fungsi, dan Mekanisme Enzim Lipase

Pengertian, Fungsi, dan Mekanisme Enzim LipasePengertian Enzim lipase adalah salah satu enzim yang berperan dalam proses pencernaan manusia.

Lalu apakah sebenarnya pengertian Enzim Lipase? apakah fungsinya? dan bagaimana mekanismenya? Simak selengkapnya ulasan di bawah ini.

Pengertian Enzim Lipase

Lipase adalah bentuk protein yang sangat kompleks yang dapat memecah nutrisi berupa lemak agar dapat diserap oleh tubuh.

Lemak dalam makanan akan diserap oleh tubuh, namun lemak tersebut tidak dapat diserap begitu saja karena bentuknya yang kompleks.

Nah, di sinilah tugas enzim lipase, yang akan memecah lemak menjadi zat penyusunnya yaitu asam lemak dan gliserol

Fungsi Enzim Lipase

Enzim lipase memiliki beberapa fungsi penting, yaitu:

  1. Mengontrol kosentrasi sintesis lemak, dalam hal ini, enzim lipase berperan proses pembakaran lemak apabila diperlukan.
  2. Menjaga permeabilitas sel secara optimal sehingga metabolisme tetap lancar dan kebutuhan elektrolit tubuh bisa seimbang.
  3. Memecah lemak dan lipid di dalam pencernaan agar tubuh mampu menyerap nutrisi dari lemak
  4. Membantu membakar karbohidrat dalam tubuh.

Mekanisme kerja enzim lipase

Pada saat kita memasukan makanan, nutrisi yang terkandung dalam makanan akan diserap oleh tubuh di dalam pencernaan manusia, namun semua nutrisi tersebut tidak bisa diserap begitu saja.

Pada dasarnya, lemak tersebut akan dipecah oleh sel tubuh dalam proses yang cukup lama.

Di sinilah enzim lipase membantu mempercepat proses terjadinya pemecahan lemak menjadi asam lemak dan gliserol sehingga mampu diserap oleh tubuh dengan mudah.

Karena itulah enzim ini disebut juga sebagai katalisator. Proses pemecahan lemak tersebut, dimulai ketika kita mengunyah makanan.

Di dalam mulut inilah enzim lipase dihasilkan. Enzim lipase kemudian memecah lemak ketika kita mengunyah makanan.

Pemecahan lemak ini terus berlangsung sampai ke lambung terjadi lagi pemecahan lemak oleh gastric lipase. Selepas dari lambung, pemecahan lemak kembali terjadi di dalam usus halus manusia.

Di dalam usus halus inlah proses pemecahan lemak utama terjadi, yang melakukan adalah pangkreatik lipase yang memecah lemak menjadi molekul-molekul penyusun lemak.

Hasil dari pemecahan lemak ini berupa asam lemak dan gliserol yang selanjutnya akan diserap ke dalam darah dan dijadikan sumber energi tubuh atau ditumpuk sebagai sumber energi cadangan.

Sumber penghasil Enzim lipase

Enzim lipase dihasilkan oleh pangkreas dan mulut manusia. Namun, dilansir Amazine.co pada bakteri juga terdapat semacam enzim lipase. Sebagai contohnya, pada keju dan yoghurt.

Bakteri yang memproduksi kedua makanan tersebut menggunakan lipase sebagai sarana untuk memecah lemak dan susu.

Updated: 15 Januari 2019 — 5:11 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!