Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian GBHN

Pengertian GBHNGBHN adalah sinkatan dari Garis Besar Haluan Negara. Garis Besar Haluan Negara adalah program – program atau rencana yang terstruktur dan terpadu yang merupakan keinginan bersama seluruh rakyat atau komponen.

Pengertian GBHN

Pengertian GBHN

GBHN merupakan strategi yang dilakukan secara sistematis dan terstruktur dalam proses pembangunan nasional yang berguna untuk memberikan serangkaian perwujuatan atas sikap masyarakat yang berkeadilan dan makmur dengan berdasarkan pada Ideologi Pancasila.

GBHN dibuat oleh MPR dan dilaksanakan oleh Presiden. Biasanya dalam GBHN tertera aturan – aturan jalannya pembangunan negara yang berlandaskan kepada UUD 1945 sebagai tempat tertulisnya tujuan atau cita – cita negara Indonesia. Jadi, rencana atau program – program yang tertulis dalam GBHN tidak boleh bertentangan dengan UUD 1945 yang berlaku.

Fungsi – Fungsi GBHN

  • Fungsi GBHN Sebagai wadah bagi masyarakat menyalurkan aspirasinya demi pemerintahan negara agar dapat menjadi tepat dalam menjalankan perannya.
  • Sebagai dorongan bangsa dalam membuat sebuah perencanaan menuju bangsa yang lebih maju, tanpa mengesampingkan keadilan serta pemerataan seluruh lapisan masyarakat.
  • Sebagai tonggak masyarakat dalam menyalurkan hak dan kewajiban warga Negara Indonesia tanpa adanya tekanan dari berbagai pihak manapun
  • Sebagai landasan yang kokoh dalam menciptakan persatuan bangsa demi terciptanya masyarakat yang mencintai, tidak membedakan ras dan selalu mendukung setiap langkah kemajuan bangsanya.
  • Sebagai alat pemersatu antara pemerintah dan rakyat yang saat ini banyak bertentangan dalam masalah cara pandang menentukan keputusan-keputusan hukum yang cukup membuat retaknya persatuan bangsa Indonesia.

Peran Masyarakat dalam GBHN

Peran masyarakat dalam pembuatan dan penyusunan GBHN sangat diperlukan. Perlu adanya dukungan dari masyarakat, lembaga masyarakat dan lembaga pendidikan dalam pembuatan GBHN. Hal ini sangat terlihat jelas dalam porsi serta kegunaan lembaga dan peran masyakarat, juga fungsi pers dalam proses pembuatan GBHN ini.

Hal ini perlu ditingkatkan oleh masyarakat adanya kesadaran untuk memberikan aspirasi melalui wadah yang benar memang harus selalu dilatih didalam pribadi masing-masing warga negara. Karena aspirasi tersebut membantu pemerintah untuk mengevaluasi kekurangan atau medapatkan sebuah ide baru dalam pembangunan yang diperlukan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!