Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian HARBOLNAS

Pengertian HARBOLNAS – Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang sangat pesat membawa kemudahan bagi banyak orang. Berbagai aplikasi muncul dalam telepon pintar atau smartphone yang kini bisa dimiliki setiap orang. Ditambah lagi, akses internet lebih mempermudah lagi komunikasi yang terjalin melalui berbagai sosial media. Ini akan menjadi suatu hal yang positif dalam perkembangan globalisasi.

Perkembangan berbagai sarana kehidupan melalui telepon pintar, juga diiringi dengan perkembangan sistem jual beli online yang kini kian merajalela. Banyaknya pemakai jasa belanja online ini membuat aplikasi penyedia jasa belanja online berkembang pesat. Kemudahan dalam berbelanja mampu menyihir pengguna untuk membeli berbagai kebutuhan melalui sistem online dan pengiriman yang saat ini sudah sangat mudah. Perkembangan jual beli online atau e-commerce, tidak hanya pada barang keperluan sehari-hari namun telah merambah pada keperluan seperti rumah, mobil, bahkan bisa dilakukan dengan kredit.

Kesuksesan e-commerce dalam membangun sistem jual beli online melalui berbagai aplikasi, membuat pelaku terus mencari ide promosi untuk berdagang online. Salah satunya dengan mengadakan HARBOLNAS. HARBOLNAS merupakan singkatan dari Hari Belanja Online Nasional. HARBOLNAS pada mulanya merupakan adopsi dari budaya black freeday yang ada di Amerika.

HARBOLNAS adalah kegiatan yang dilakukan setiap tahun. Kegiatan ini diselenggarakan oleh berbagai e-commerce di Indonesia yang bekerja sama dengan berbagai mitra, seperti pelaku industri telekomunikasi, perbankan untuk pembayaran, logistik hingga media. Sistem HARBOLNAS adalah media promo atau memberi berbagai promosi kepada konsumen melalui aplikasi e-commerce yang tersedia. Variasi promo pun biasanya bermacam-macam seperti potongan harga, beli satu gratis satu, pemberian cashback, hingga subsidi untuk gratis ongkos kirim.

Pelaksanaan HARBOLNAS di Indonesia terbilang cukup sukses dan meningkat tiap tahunnya. Sejak dimulai pertama kali tahun 2012, HARBOLNAS diikuti oleh 7 e-commerce yang ada saat itu. Pelaksanaannya pada akhir tahun pada tanggal 12 Desember 2012. Hingga saat ini, pada tahun terakhir dilaksanakan yakni 12 Desember 2017, tercatat 254 e-commerce yang mengikuti acara ini. Lima tahun sejak berlangsung pertama kali, pengikutnya baik konsumen maupun produsen pun meningkat tajam.

HARBOLNAS sendiri sebenarnya memberikan banyak manfaat bagi konsumen maupun produsen. Jika dulu diskon akhir tahun selalu diiringi dengan berebut berbagai item secara langsung, kini rebutan itu bisa dilakukan secara online. Jadi konsumen tidak perlu lelah untuk datang ke gerai tertentu untuk mencari diskon. Sementara bagi produsen atau pedagang, HARBOLNAS membantu promo dengan cara yang jitu. Daya tari berbagai aplikasi e-commerce mampu meningkatankan pendapatan dan penjualan di akhir tahun.

Updated: 28 Oktober 2018 — 4:33 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!