Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Jenis, dan Ciri Palung Laut

Pengertian, Jenis, dan Ciri Palung Laut – Anda pernah merasakan gempa bumi?, tentu hal ini sangatlah mengerikan dan membuat semua orang ingin lari dan menyelamatkan diri.

Hal ini dikarenakan terjadinya goyang terhadap tanah, yang disebabkan oleh gempa dalam bumi.

Gempa sendiri memiliki banyak factor salah satunya yaitu adanya pergeseran palung laut, untuk mengetahui hal – hal apa saja yang berkaitan dengan palung laut.

Baca Juga : Pengertian, dan Karakteristik dan Letak Samudera Pasifik

Pengertian Palung Laut

Palung laut merupakan kondisi tanah yang menyorong kedalam seperti corong / jurang dengan kedalamam sekitar 5000 sampai lebih dibawah permukaan laut, dimana dinding corong / jurang tersebut sangat sempit dan curam.

Hal inilah yang menyebabkan terjadinya pergeseran gerakan tanah didalam laut, sehingga timbulnya gempa bumi dan juga gempa tektonik.

Mengenal Jenis – Jenis Palung Laut

Ada beberapa jenis palung laut, berikut salah satunya :

  1. Palung Mariana, merupakan palung yang terletatk di Samudera Pasifik, tepatnya di Negara Filifina. Kedalaman palung ini mencapai 10.911 mtr, titik paling terdalam disebut juga Challenger.
  2. Palung Tonga, merupakan palung yang berada di Samudera Pasifik. Kedalaman mencapai 10.882 mtr, yang biasa deisebut dengan palung Deep Horison.
  3. Palung Philiphine, merupakan palung yang letaknya di Negara Filipina, dengan kedalaman mencapai 10.540 meter. Palung ini memiliki sebutan lain yaitu sebagai palung Mindanao.
  4. Palung Kuril Kamchatka, merupakan palung yang berada di Samudera Pacifik dengan kedalaman sekitar 10.500 meter.
  5. Palung Kermadec, merupakan palung yang berlokasi di Samudera Pasifik sebelah timur pulau Australia. Palung ini memiliki kedalamam mencapai 10.045 meter dibawah laut.
  6. Palung Jepang, merupakan palung yang tepat berada di lokasi pulau Jepang. Memiliki kedalaman mencapai 9.000 meter dari dasar laut.
  7. Palung Puerto Rico, palung yang berada di kepulauan Meksiko tepatnya di laut Karibia dan Samudera Altantik. Palung ini memiliki kedalaman mencapai 8.605 meter.
  8. Palung Jawa, palung ini berada di timur laut samudera Hindia, biasa disebut juga dengan palung Sumatera. Memiliki kedalaman sekitar 7.725 meter, palun yang terbesar kedua setelah palung Diamantina.
  9. Palung Weber, salah satu palung yang berada pada dua busur dalam dan busur luar dari laut Banda, kedalaman palung ini mencapai 7.440 meter dengan lebar sekitar 150 km.
  10. Palung Sangihe, berada pada kedalaman sekitar 3.850 meter, sebuah palung yang terletak didalam laut Maluku dan masih dalam perbatasan antara lempeng laut Filipina, Eurasia, dan Indo Australia.
  11. Palung Talaud, palung ini berada di posisi sebelah utara timur laut Sulawesi Utara, kedalamannya terletak pada 3.450 meter.
  12. Palung Ternate, palung yang berada di sebelah utara Maluku ini memiliki kedalaman palung sekitar 3.450 meter.
  13. Palung Timor, palung yang memiliki kedalaman pada 3.310 meter ini dan berada di perbatasan Timor – Timor dan Australia, yang masih di Laut Timor.
  14. Palung Makassar, palung yang berada di antara pulau Kalimantan dan Sulawesi, memiliki kedalaman palung sekitar 2.540 meter dibawah laut.

Baca Juga : Pengertian dan Sistem Panas Bumi Non-Vulkanik

Ciri – ciri Palung Laut

Palung laut sendiri memiliki ciri dan keunikannya, untuk mengetahui cirri tersebut berikut beberapa diantaranya :

  1. Pada umumnya palung memiliki kedalaman yang sangat dalam dan curam.
  2. Daerah cekungan yang dibatasi dengan dinding yang curam dan terjal.
  3. Posisi palung yang barada di dasar laut yang dalam.
  4. Karena dalamnya, maka kondisi didalamnya sangat terlihat gelap.
  5. Gambaran palung mirip dengan jurang yang ada di darat.

Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat dan menambah ilmu Anda. Selamat membaca.

Baca Juga : Pengertian, karakteristik dan Letak Samudera Hindia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!