Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Jenis  dan Manfaat Shalat Sunnah

Pengertian, Jenis  dan Manfaat Shalat Sunnah – Bagi pemeluk Agama Islam pasti sudah tau bahwa Islam menganjurkan umatnya untuk melakukan Shalat.

Shalat menjadi begitu penting karena perintah untuk melakukannya diturunkan langsung oleh Allah dan Shalat menjadi ibadah yang hanya dilakukan oleh umat Islam. Dalam Agama Islam, Shalat dibagi menjadi 2 yaitu Shalat Wajib dan Shalat Sunnah.

Shalat Wajib adalah ibadah yang harus dilakukan oleh umat Islam, bila ditinggalkan akan mendapat dosa. Sholat Wajib terdiri dari Shalat Subuh, Shalat Dzuhur, Shalat Ashar, Shalat maghrib, dan Shalat Isya.

Baca Juga : Sejarah, Asal Mula Masuk dan Berkembangnya Islam di indonesia

Sedangkan Shalat Sunnah adalah ibadah yang apabila dikerjakan akan mendapatkan pahala dan apabila ditinggalkan tidak akan berdosa.  Ada berbagai hal terkait dengan Shalat Sunnah yang akan kita bahas dalam Artikel ini.

Shalat Sunnah adalah Shalat yang sangat dianjurkan karena dapat menutup kekurangan yang terdapat dalam Shalat Wajib.

Berikut ini jenis-jenis Shalat Sunnah yang harus kita ketahui dan laksanakan, yaitu :

  • Shalat Tahiyatul masjid

Shalat Tahiyatul Masjid adalah Shalat Sunnah yang dilakukan ketika masuk Masjid dan sebelum duduk. Shalat ini dilakukan sebanyak dua rakaat yang bertujuan untuk menghormati Masjid.

  • Shalat Dhuha

Shalat Dhuha adalah Shalat yang dikerjakan setelah matahari terbit hingga Dzuhur. Shalat Dhuha memiliki banyak sekali manfaat lebih-lebih sebagai amal ibadah, sehingga akan sangat beruntung bagi kalian yang mampu menjalankan Shalat Dhuha.

  • Shalat Rawatib

Shalat Rawatib adalah Shalat yang dikerjakan sebelum atau setelah menunaikan Shalat lima waktu. Jika dilakukan sebelum Shalat wajib maka disebut Shalat Qabliyah sedangkan yang dilakukan sesudah Shalat wajib disebut Shalat Ba’diyah. Dengan melaksanakan Shalat Rawatib ini, Allah akan membangunkan rumah di Surga kelak.

Baca Juga : Pengertian dan Keutamaan Sholat Jumat

  • Shalat Tahajud

Shalat Tahajud adalah Shalat yang istimewa. Shalat yang dilakukan pada tengah malam ini mempunyai banyak sekali keistimewaan, beberapa diantaranya akan mendapat kedudukan yang terpuji, do’anya akan dikabulkan, menolak penyakit, dan masih banyak lagi. Shalat ini sah bila dilaksanakan setelah tidur dan paling baik jika dilakukan di sepertiga malam yang akhir.

  • Shalat Istikharah

Shalat Istikharah dilaksanakan bila seseorang tengah menghadapi sebuah pilihan.  Bagi yang mengerjakannya, Insyaallah akan segera mendapat petunjuk atas pilihan tersebut. Shalat Istikharah ini dapat dilakukan kapanpun, namun lebih baik jika dilaksanakan pada malam hari saat suasana tenang.

  • Shalat Hajat

Shalat Hajat sangat dianjurkan bagi yang menginginkan sesuatu. Sudah banyak pula yang membuktikan bahwa dengan Shalat Hajat, keinginannya dapat terwujud. Tidak hanya itu, Allah juga menjanjikan Surga bagi mereka yang melaksanakan  Shalat Hajat.

  • Shalat Taubat

Shalat Taubat adalah Shalat untuk meminta ampunan kepada Allah atas dosa yang telah dilakukannya. Selain itu, barang siapa yang melaksanakan Shalat Taubat akan ditinggikan derajatnya.

  • Shalat Tarawih & Witir

Shalat Tarawih & Witir adalah Shalat yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan setelah Shalat Isya. Bulan Ramadhan sendiri menjadi bulan yang sangat baik untuk menjalankan ibadah, apalagi bila ditambah dengan menjalankan perintah yang dianjurkan, pastilah akan mendapat pahala yang luar biasa banyaknya.

  • Shalat Hari Raya

Shalat Hari Raya atau Shalat Idul Fitri adalah Shalat yang dilakukan untuk merayakan kemenangan setelah satu bulan melaksanakan ibadah Puasa.

Selain itu bagi yang melaksanakannya akan menndapat pahala berlimpah karena dilakukan berjamaah dan setelahnya berjabat tangan sesame Muslim dengan harapan menggugurkan dosa-dosa yang telah dilakukan.

Demikian tadi beberapa Shalat Sunah yang sangat dianjurkan untuk mendapat pahala dan jug keutamaan yang telah dijanjikan oleh Allah S.W.T. Selain beberapa Shalat Sunnah tersebut, masih ada Shalat Sunnah lain.

Baca Juga : Pengertian, Jenis Dan Fungsi Ilmu Kalam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!