Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Jenis Dan Prinsip Kerja Termometer

Apakah yang dimaksud dengan ‘Termometer’ ? Pengertian, jenis, dan prinsip kerja Termometer bisa anda baca dan dipahami melalui artikel ini.

Pengertian Termometer adalah sebuah alat yang memiliki manfaat untuk mengukur suhu tubuh / ruang atau alat yang berfungsi sebagai media guna menjelaskan tentang derajat panas / dingin terhadap sebuah benda.

Alat ini dalam sistem kerjanya lebih terfokus untuk memanfaatkan sifat – sifat ‘termometrik’ yaitu sebuah kondisi dimana terjadi perubahan terhadap sifat – sifat dari zat yang disebabkan karena adanya perubahan suhu dari zat yang dimaksud.

Termometer pertama kali ditemukan dan dibuat oleh Galileo Galilei (1564 s/d 1642) sekitar tahun 1595.

Jenis – Jenis Termometer Berhubungan Dengan Kehidupan Sehari – Hari

Berikut di bawah ini dikenal beberapa jenis Termometer yang bisa anda jumpai pengaplikasiannya di dalam kehidupan sehari – hari.

1. Termometer Klinis

Jenis ini diaplikasikan untuk mendiagnosa ragam penyakit dimana di dalamnya berisikan cairan raksa / cairan alkohol.

2. Termometer Laboratorium

Jenis ini diaplikasikan dengan menggunakan cairan raksa atau cairan alkohol. Apabila cairan di dalamnya suhunya mulai memanas maka ini berarti bahwa alat ini sebentar lagi akan memuai sehingga skalanya bertambah.

3. Termometer Ruangan

Termometer jenis ini memiliki fungsi untuk mengukur kondisi / keadaan suhu dalam sebuah ruangan.

4. Termometer Digital

Prinsip kerja dari alat ini adalah melalui cara pemuaian dengan dibantu menggunakan logam sebagai alat untuk mensensor suhu dimana selanjutnya diterjemahkan ke dalam rangkaian elektronik dengan menampilkan hasil dalam bentuk angka digital yang mudah dibaca.

5. Termokopel

Jenis ini mengaplikasikan ‘bimetal’ sebagai bahan utama dimana ketika terkena panas maka bimetal diarahkan kepada suhu ‘koefisien’ berukuran lebih kecil dan proses pemuaian dihubungkan dengan sebuah jarum dengan hasil akhir akan menunjukkan angka – angka tertentu merupakan suhu dari benda yang dimaksud ketika diukur.

Prinsip Kerja Termometer Berdasarkan Atas Jenis Zat Cair Yang Digunakan

1. Prinsip Kerja Termometer Raksa

Diaplikasikan dengan menggunakan air raksa, dimana fungsi dari air raksa ini adalah sebagai media penunjuk suhu terhadap sebuah benda yang diukur, dimana diketahui bahwa air raksa banyak memiliki keunggulan antara lain :

  • Peka terhadap sebuah perubahan dari suhu
  • Digunakan untuk mengetahui ukuran suhu dalam kondisi tinggi / rendah
  • Bersifat mengkilap menyerupai perak sehingga mudah untuk dilihat
  • Dinding kaca tidak basah
  • Dengan teratur mengalami proses mengembang dan memuai

2. Termometer Alkohol

Alkohol bermanfaat untuk mengisi tabung pipa Termometer. Beberapa keunggulan dari alkohol untuk memudahkan sistem kerja Termometer adalah :

  • Memiliki titik beku yang cukup rendah
  • Harga murah dan mudah memuai

Demikian kami menjelaskan dengan singkat semoga bermanfaat !

Updated: 7 Januari 2019 — 3:33 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!