Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Jenis, Fungsi Dan Contoh Badan Usaha

Pengertian Badan Usaha – Yang dimaksud dengan usaha adalah salah satu kegiatan manusia yang dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh penghasilan dimana nantinya akan digunakan untuk pemenuhan keperluan hidup guna mencapai kesejahteraan yaitu dengan bekerja seperti menjadi satpam, sopir, SPG / sales promotion girl, karyawan / wati, nelayan, petani dan yang lainnya.

Nah bidang – bidang ini di dalam ilmu Ekonomi dapat dikategorikan sebagai kegiatan usaha.

Sedangkan yang dimaksud dengan pengertian perusahaan adalah bagian dari teknis terhadap kesatuan yang menggabungkan antara modal dengan tenaga kerja guna memperoleh jasa dan barang.

Nah dari kedua pengertian tersebut di atas yaitu antara usaha dengan perusahaan dapat ditarik kesimpulan tentang yang dimaksud dengan badan usaha adalah sebuah kesatuan hukum / ‘Yuridis’ dengan bidang Ekonomi dilihat dari faktor produksi yang memiliki tujuan untuk mencari keuntungan semata dengan menyediakan pelayanan kepada para konsumen yang sedang membutuhkan.

Mengenal Jenis – Jenis Badan Usaha, Fungsi Dan Contohnya  

Berdasarkan atas ilmu Ekonomi, jenis – jenis badan usaha dikelompokkan menjadi 2 bagian besar yaitu badan usaha berdasarkan atas jenis kegiatannya dan badan usaha berdasarkan atas kepemilikan modal.

Masing – masing bagian tersebut di atas dibagi lagi menjadi beberapa bidang antara lain badan usaha agraris, perdagangan, dan industri.

Fungsi dari badan usaha jenis ini adalah untuk mendapatkan / menghasilkan suatu barang / jasa tertentu dengan mengelola sumber daya alam yang sudah tersedia. Contohnya adalah yang berhubungan dengan usaha agraris yaitu perkebunan kelapa sawit, peternakan ikan, perkebunan teh dan lain sebagainya.

Fungsi dari badan usaha yang berhubungan dengan perdagangan adalah sebagai wadah dari kegiatan untuk membeli dan menjual kembali suatu barang tanpa melalui proses membentuk ulang. Contohnya adalah pasar tradisional atau pasar swalayan.

Yang terakhir adalah fungsi yang berhubungan dengan badan usaha jenis industri adalah proses mengolah bahan baku menjadi benda – benda jadi siap pakai atau disebut juga dengan istilah Perusahaan Manufaktur. Contohnya adalah benda – benda produksi seperti benang untuk bahan baku industri kain atau garmen dan bisa juga bermanfaat sebagai benda konsumsi seperti pakaian dan sepatu.

Demikian kami mengulas dengan singkat untuk dimengerti oleh para siswa / wi tentang badan usaha, pengertian, jenis, fungsi dan contoh masing – masing, semoga bermanfaat !

Updated: 19 November 2018 — 3:56 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!