Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian Lailatul Qadar

Pengertian Lailatul Qadar – Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dari Lailatul Qadar.

Lailatul Qadar adalah sebuah malam kemuliaan di bulan Ramadhan yang terjadi pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Kehadiran dari malam Lailatul Qodar disebutkan di dalam Al-Quran Surat Al-Qadr.

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (5)

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadr: 1-5).

Tapi, apa sebenarnya pengertian dari Lailatul Qadar?

Mari simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Lailatul Qadar

Ada pengertian Lailatul Qadar, yakni secara harfiyah dan secara istilah. Secara harfiyah lailatul qadar berarti malam penetapan atau penentuan. Sedangkan menurut istilah, lailatul qadar berarti malam penuh kemuliaan dan keberkahan.

Dalam QS. Al-Qodr dijelaskan bahwa pada malam lailatul qadar adalah malam diturunkannya Al-Qur’an, Malam yang lebih baik daripada 1000 bulan dalam hal beramal/berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan, sehingga amalan pada malam tersebut akan lebih baik daripada 1000 bulan, Malam penuh keselamatan dan kedamaian serta malam diturunkannya malaikat pembawa rahmat.

Selain itu Rasulullah SAW bersabda : Orang yang menghidupkan malam Lailatul Qodar dengan ibadah, maka akan diampuni dosa-dosanya, sebagaimana ditegaskan Rasulullah Saw:
مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
“Barangsiapa yang menghidupkan lailatul qadar dengan shalat malam atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Waktu terjadinya Lailatul Qadar

Lailatul Qadar terjadi pada bulan Ramadhan tepatnya 10 hari terakhir bulan Ramadhan pada setiap tanggal ganjil, yakni malam ke-21, malam ke-23, malam ke-25, malam ke-27 dan malam ke-29.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Lailatul Qadar.

Semoga kita bisa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT dan bisa menjumpai serta mendapatkan malam Lailatul Qadar. Aamiin

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

Updated: 2 Maret 2019 — 6:48 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!