Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan dan Konsep Partai Politik

Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan dan Konsep Partai Politik – Saat ini, Indonesia mulai menunjukkan perkembangan dan kemajuan dalam bidang politik yang tentu saja berkaitan dengan peran partai politik saat ini.

Semakin banyak juga partai di Indonesia yang mulai bermunculan dan semakin meningkatkan perpolitikan di Indonesia.

Namun, tak dapat dipungkiri bahwa hal tersebut juga dapat menghasilkan manfaat maupun kerugian dari segala aspek dalam kehidupan dalam berbangsa dan bernegara.

Pengertian Partai Politik

Kata partai sendiri berasal dari bahasa latin yakni “partire”, yang memiliki arti membagi.

Baca Juga : Pengertian Dan Perbedaan Pemerintah, Pemerintahan Dan Ilmu Pemerintahan

Sedangkan partai politik sendiri pada umumnya dapat diartikan sebagai sebuah kelompok yang tersusun dari beberapa anggota yang memiliki orientasi dan cita-cita yang satu.

Dengan kata lain, Partai Politik merupakan organisasi politik yang menjalankan suatu ideologi tertentu atau sengaja dibentuk dengan tujuan tertentu, seperti mendapatkan kekuasaan dan kedudukan politik melalui cara konstitusionil agar mampu melaksanakan kebijakan-kebijakan mereka.

Selain itu, partai politik dapat diartikan sebagai suatu sarana politik yang menghubungkan elit politik dalam upaya mencapai kekuasaan politik yang memiliki karakter mandiri dalam hal finansial, memiliki haluan politik, menghimpun kepentingan-kepentingan kelompok dalam urusan politik dan ikut serta dalam pengembangan politik sebagai suprastruktur politik.

Ciri Partai Politik

Adapun ciri-ciri dari Partai politik adalah sebagai berikut:

  • Memiliki konsep dasar yang berasal dari masyarakat lokal
  • Melakukan kegiatan yang berkelanjutan. Maksudnya adalah tidak hanya aktif dalam waktu sebentar. Walaupun tidak ada pemilihan umum, partai juga harus melakukan kegiatan tertentu.
  • Berusaha memperoleh kekuasaan dalam pemerintahan.
  • Turut serta dalam acara pemilihan umum.
  • Mandiri secara finansial
  • Memiliki haluan politik sendiri sesuai partai
  • Mengusung kepentingan kelompok dalam keperluan politik, dan
  • Ikut menyumbang pengembangan politik sebagai suprastruktur politik.

Fungsi Partai Politik

Adapun beberapa fungsi Partai politik ini adalah sebagai berikut :

  • Partai politik sebagai sarana komunikasi politik. Maksud dari komunikasi politik yaitu suatu proses penyaluran informasi politik dari pemerintah kepada masayarakat ataupun ssebaliknya. Sehingga, partai politik berperan sebagai sarana dalam menampung dan menyampaikan aspirasi politik masyarakat kepada pemerintahan dalam merumuskan serta menetapakan suatu kebijakan.
  • Partai politik sebagai sarana sosialisasi politik. Bentuk sosialisi yang dilakukan oleh partai politik kepada masyarakat meliputi pengenalan program-program partai tersebut. Dengan begitu, diharapkan masyarakat dapat memilih partai politik tersebut pada pemilihan umum.
  • Partai politik sebagai sarana proses seleksi politik atau rekruitmen politik. Rekrutmen politik adalah proses seleksi dan pengangkatan seseorang atau kelompok untuk menduduki suatu  jabatan ataupun beberapa jabatan politik ataupun mewakili parpol itu dalam suatu bidang.  Fungsi rekrutmen politik adalah untuk mencari dan mengajak orang yang berkompeten untuk aktif dalam kegiatan politik sebagai anggota partai.
  • Partai politik sebagai sarana pengatur konflik. Partai politik berfungsi sebagai sarana dalam mengatasi permasalah yang terjadi dalam masyarakat dengan pemerintahan.  Cara yang dapat dilakukan partai politik yaitu dengan membuat aturan permainan atau bahkan mendukung aturan permainan yang sudah ada dalam masyarakat.

Tujuan Partai Politik

Adapun tujuan dari partai politik yaitu untuk mendapatkan atau mempertahankan kekuasaan untuk mewujudkan program-program yang telah disusun sesuai dengan ideologi tertentu dengan cara konstitusional.

Konsep Partai Politik

Konsep politik adalah suatu istilah yang digunakan dalam konsep pengaturan masyarakat, karena dalam pengertian politik tersebut dibahas mengenai cara pemeritahan itu dijalankan supaya mencapai sebuah masyarakat yang baik, damai dan sejahtera dalam suatu negara.

Pada umumnya para pengamat politik dan filsuf barat cenderung memandang politik sebagai hal yang berhubungan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan negara.

Sehingga kemudian politik dipandang sebagai kegiatan yang berorientasi untuk memperoleh dan mempertahankan kekuasaan dalam masyarakat yang mana politik merupakan segala sesuatu tentang proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik itu sendiri.

Baca Juga : Pengertian dan Tugas Lembaga Legislatif, Eksekutif, dan Yudikatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!