Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian PMI

Pengertian PMI – Apakah selama kamu bersekolah pernah mendengar istilah PMR atau Palang Merah Remaja? Atau kamu justru menjadi bagian dari PMR?

Nah, sebenarnya dalam lingkup nasional pun, Lembaga Palang Merah hadir dengan nama Palang Merah Indonesia atau biasa disebut PMI. Yuk, kita kenali lebih lanjut tentang PMI!

Pengertian PMI adalah sebuah organisasi independen yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan dan kesehatan. Karena bergerak di bidang sosial, PMI memang tidak berfokus pada laba yang didapatkan, melainkan pada dampak sosial yang diberikannya.

Hal ini seiring dengan 7 prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah yaitu kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan, dan kesemestaan.

Cikal bakal berdirinya PMI sebenarnya sudah hadir sejak jaman pemerintah kolonial Belanda, namun pada waktu itu masih bernama Het Nederland-Indiche Kruis (NIRK) yang selanjutnya berubah menjadi Nederlands Rode Kruiz Afdelinbg Indie (NERKAI).

Kemudian, pada 17 September 1945 barulah terbentuk pengurus besar Palang Merah Indonesia yang diketuai oleh Drs. Mohammad Hatta.

PMI pun terus berkembang hingga kini telah terdapat di 33 Provinsi, 371 Kabupaten/Kota, dan 2.654 Kecamatan (Data per-Maret 2010 menurut situs resminya) dengan 1,5 juta sukarelawan yang membantu memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

Sebagai sebuah organisasi sosial yang berfokus di bidang kemanusiaan dan kesehatan, pelayanan yang diberikan PMI terdiri dari:

Manajemen bencana

Pelayanan manajemen bencana, terdiri dari:

  • Kesiapsiagaan bencana. Program ini memberdayakan masyarakat agar siap siaga dalam menghadapi kemungkinan-kemungkinan terjadinya bencana.
  • Tanggap darurat bencana. Dengan adanya pelayanan ini, PMI memberikan bantuan dalam melakukan penanggulangan bencana di seluruh Indonesia.
  • Pemulihan bencana. PMI juga turut memberikan bantuan untuk proses pemulihan bencana kepada masyarakat. Salah satu bentuk bantuan yang diberikan adalah minimalisasi trauma para

Kesehatan

Bentuk pelayanan dalam bidang kesehatan yang disediakan PMI adalah Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat (PPBM), Pertolongan Pertama (PP) dan Ambulans, Air dan Sanitasi, Program Dukungan Psikososial (PSP), HIV & AIDS, serta Operasi Katarak.

Donor darah

Untuk program pelayanan yang satu ini mungkin menjadi salah satu pelayanan PMI yang paling kita kenal. PMI mengupayakan untuk selalu memenuhi kebutuhan darah secara nasional dengan tujuan kemanusiaan.

Baca Juga :

Nah, sekarang kita sudah mengenal lebih jauh tentang PMI. Ternyata dampak yang diberikan bagi masyarakat sangat baik, ya! Apakah kamu tertarik untuk menjadi salah satu bagiannya?

Updated: 22 Mei 2019 — 4:08 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!