Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian Printer

Pengertian Printer – Printer diambil dari kata print yang berarti cetak, dengan demikian printer adalah sebuah alat untuk mencetak. Dalam dunia komputer, printer disebut perangkat peripheral output yang menyajikan representasi tulisan atau grafis pada sebuah kertas atau media semacamnya.

Desain printer komputer pada mulanya dibuat secara mekanik pada abad 19. Sedangkan printer elektronik pertama kali diproduksi oleh Epson dengan nama EP-101, perusahaan Jepang itu merilisnya pada tahun 1968.

Pengertian Printer

Pengertian Printer

Printer komersial awalnya menggunakan mekanisme dari mesin ketik elektrik, namun banyaknya permintaan untuk kecepatan yang lebih tinggi akhirnya membawa printer menuju perubahan yang lebih baik, pengembangan printer dengan sistem baru digunakan secara spesifik hanya untuk komputer.

Pada tahun 1980-an muncul banyak sistem seperti daisy wheel, line printer, dan dot matrix. Daisy wheel menghadirkan konsep yang hampir sama dengan mesin ketik, line printer menghasilkan output yang sama tetapi lebih cepat prosesnya, sementara dot matrix dapat mencampur antara tulisan dan grafis, tetapi dengan kualitas output yang agak rendah. Bagi yang ingin output dengan kualitas tinggi biasanya memakai plotter.

Pada tahun 1984 mulai ditemukan printer laser yang berharga murah, diawali dengan kemunculan HP LaserJet. Tahun selanjutnya tambahan PostScript yang dibuat pada Apple LaserWriter menciptakan revolusi di dunia percetakan yang dikenal dengan sebutan desktop publishing. Printer laser yang memakai PostScript dapat mencampurkan tulisan dan grafis seperti halnya dot matrix, tetapi dengan kualitas yang jauh lebih baik.

Sejak tahun 1990,  percetakan dapat mengetik di komputer pribadi sebelum dicetak dengan menggunakan printer laser, sehingga membuat sistem percetakan yang mahal mulai ditinggalkan. Sebelumnya pada tahun 1988, HP Deskjet meluncurkan printer dengan kelebihan yang sama dengan printer laser dari sisi fleksibelnya dan memiliki harga lebih murah, tetapi dengan kualitas output yang sedikit lebih rendah dari printer laser. Sistem Inkjet ini dapat menggantikan dot matrix dan daisy wheel di pasaran. Bahkan mulai tahun 2000-an banyak printer berkualitas tinggi yang memakai sistem ini sehingga sistem ini menjadi hal yang umum digunakan.

Sejak memasuki tahun 2010, percetakan 3D mulai menjadi bahan pembahasan. Printer yang digunakan untuk mencetak 3D masih dalam tahap pengembangan dan belum menjadi hal yang umum. Sementara itu perkembangan yang cepat dari email dan internet membuat printer bukan lagi hal yang wajib dimiliki untuk saat ini.

Berbagai macam dokumen penting atau semacamnya kini tak lagi harus dicetak secara langsung, melainkan dicetak dalam bentuk pdf dan sebagainya sehingga bisa digunakan secara fleksibel. Apalagi dengan semakin berkembangnya usaha percetakan membuat printer bukan lagi peripheral yang wajib dimiliki oleh peorangan.

Updated: 18 Maret 2019 — 4:30 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!