Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Tugas, dan Tanggung Jawab Quality Control

Pengertian, Tugas, dan Tanggung Jawab Quality Control – Mungkin bagi orang awam akan bingung ketika bicara masalah Quality Control atau pengendali mutu.

Sedangkan bagi orang yang bekerja pada sebuah perusahaan pasti sudah akrab dengan istilah ini.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai apa itu Quality Control, tugas, dan tanggung jawabnya.

Untuk itu, simaklah ulasan dibawah ini. Quality Control atau pengendali mutu menurut para ahli adalah:

1. Ishita Nobuyuki

Menurutnya Quality Control adalah aktivitas memperbaiki dan memelihara pelayanan dan produk yang ditawarkan kepada perusahaan.

Proses ini menjadi tanggung jawab seluruh karyawan atau pihak-pihak yang tergabung di dalam organisasi untuk memecahkan masalah terkait dengan Pengendalian Mutu atau Quality Control ini.

2. Dr. K. Ishikawa

Beliau menyatakan bahwa Quality Control adalah kegiatan meneliti, merancang, mengembangkan, serta memenuhi kepuasan pelanggan, memberi pelayanan yang baik dimana pelaksananya melibatkan seluruh kegiatan dalam suatu perusahaan, mulai dari pimpinan tertinggi hingga karyawan pelaksana”.

3. Feightboum

Feightboum menyatakan bahwa Quality Control adalah suatu system yang efektif untuk mengintegrasikan kegiatan pemeliharaan dan pengembangan mutu dalam suatu organisasi untuk dapat diperoleh produksi dan servis dalam tingkat yang paling ekonomis dan memuaskan konsumen”.

Dapat disimpulkan bahwa Quality Control adalah kegiatan yang dilakukan seseorang untuk memperbaiki kualitas pelayanan atau hasil produksi mereka, sehingga perusahaan atau organisasi yang menjalin kerjasama dapat merasa puas dengan layanan yang diberikan.

Jika melihat dari penjelasan tersebut, dapat dikatakan bahwa tugas yang dimiliki oleh seorang Quality Control berupa monitoring, Uji Tes, dan juga pemeriksaan atau pengecekan secara menyeluruh.

Selain itu, adapun tanggung jawab yang harus dipikul oleh seorang Quality Control, yaitu:

  1. Melakukan analisis serta mendokumentasikan produk yang dapat digunakan kembali sebagai referensi di waktu lain.
  2. Merekomendasikan terhadap perusahaan agar melakukan pengolahan ulang pada setiap produk yang berkualitas rendah.
  3. Memonitoring proses dalam pembuatan produk.
  4. Melakukan verifikasi terhadap kualitas produk.
  5. Memastikan seluruh barang yang telah diproduksi sesuai dengan standar yang ditetapkan perusahaan.
  6. Mendokumentasi inspeksi dan juga tes pada produk perusahaan.
  7. Melakukan analisis dan memantau, kemudian melakukan pengajuan serta meneliti seluruh produk.
  8. Memantau perkembangan seluruh produk yang telah diproduksi.

Untuk dapat memenuhi tanggung jawab serta tugas-tugas Quality Control tidak sembarangan orang dapat terjun dalam hal ini.

Terdapat syarat dan keahlian yang harus dipenuhi oleh seorang Quality Control, yaitu : paling tidak adalah lulusan Diploma atau Sarjana dengan jurusan sesuai bidangnya, dapat berkomunikasi dengan baik dalam lisan maupun tertulis, menguasai perhitungan aritmatika, memiliki pengalaman dalam bidangnya, menguasai komputer, dan paham mengenai pekerjaan departemen lain sehingga dapat menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan tersebut. seorang Quality Control juga harus memiliki keahlian yang lebih baik dibandingkan yang lain.

Hal ini bertujuan agar seorang Quality Control dapat memilah dan memilih kualitas produk yang sesuai dengan keinginan perusahaan.

Itulah tadi beberapa hal terkait dengan Quality Control, mulai dari pengertian, tugas, dan tanggung jawabnya.

Kita mengetahui bahwa seorang Quality Control memiliki peran yang sangat penting dalam hal pengecekan produk sebelum dan dalam proses produksi, hingga produk tersebut siap.

Maka dari itu diperlukan seseorang dengan pendidikan dan pengalaman yang cukup agar hasil produksi sesuai target. Demikian artikel ini dibuat, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!