Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Unsur-unsur Administrasi

Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Unsur-unsur AdministrasiPengertian Administrasi adalah sebuah kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan  kebijaksanaan dalam mencapai tujuan.

Bisa juga diartikan sebagai kegiatan yang meliputi: catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan, atau dalam arti luasnya adalah seluruh proses kerja sama dalam mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana dan prasarana tertentu.

Adapun definisi administrasi menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  • Arthur Grager berpendapat bahwa, administrasi adalah fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat suatu organisasi
  • George Terry berpendapat, administrasi adalah percencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  • Adapun Sonda P. Siagian berpendapat bahwa, administrasi adalah keseluruhan proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Fungsi dan Tujuan Administrasi

Dalam administrasi diketahui terdapat 7 administrasi, yaitu Planning, Organizing, Coordinating, Reporting, Budgeting, Staffing dan directing. Berikut adalah penjelasannya :

  1. Planning

Planning (perencanaan) merupakan sebuah penyusunan perencana yang membutuhkan sebuah aktivitas administrasi, misalnya dalam pengumpulan data, pengolahan data, dan penyusunan rencana.

  1. Organizing

Organizing atau pengorganisasian adalah suatu aktivitas menyusun dan membangun suatu komunikasi kerja antara anggota-anggota sehingga akan tercapai suatu kesatuan usaha untuk mencapai suatu tujuan-tujuan yang telah ditargetkan.

  1. Coordinating

Coordinating atau Pengoordinasian merupakan sebagian dari fungsi manajemen yang melakukan sejumlah aktivitas agar berjalan baik dengan menjauhi terjadinya suatu kekacauan aktivitas yang dilaksanakan dengan cara menghubungkan, menyatukan dan menyesuaikan suatu pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerjasama yang terencana dalam suatu usaha.

  1. Reporting

Reporting atau pemberitaan adalah manajemen yang berada pada suatu penyampaian perkembangan atau hasil dari suatu kegiatan dengan pemberian sebuah laporan dari tugas dan fungsi para pejabat yang lebih tinggi. Baik penyampaian dengan lisan ataupun tulisan. sehingga bisa mendapatkan gambaran tentang pelakasanaan tugas.

  1. Budgeting

Budgeting atau pendanaan/pembiayaan adalah suatu aktivitas yang mengelola dan perencanaan yang berkepanjangan yang berhubungan dengan keuangan atau anggaran.

  1. Staffing

Staffing atau penyusunan kepegawaian adalah salah satu fungsi dari manajemen yang menyusun personalia pada sebuah organiasi mulai dari merekrut sebuah tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha untuk setiap tenaga petugas memberi suatu daya guna yang maksimal kepada organisasi.

  1. Directing

Directing atau pengarahan/bimbingan merupakan salah satu fungsi manajemen yang berinteraksi dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah, untuk tugas yang dilakukan dengan baik dan benar-benar tertuju dari yang sudah ditentukan semula.

Semua fungsi administrasi adalah sebagai tumpuan untuk mencapai tujuan tertentu. Berikut ini adalah tujuan adminstrasi :

  • Agar dapat memantau aktivitas perusahaanya
  • Agar dapat menilai kegiatan-kegiatan pengorganisasian perusahaan
  • Agar dapat menyusun program peningkatan usaha dan kegiatan pengorganisasian
  • Agar dapat mengamankan kegiatan-kegiatan usaha dan organisasi perusahaan.

Unsur-unsur Administrasi

Menurut pendapat The Liang Gie, terdapat 8 unsur dalam kegiatan administrasi, yakni :

  1. Organisasi
  2. Manajemen
  3. Komunikasi
  4. Kepegawaian
  5. Keuangan
  6. Perbekalan
  7. Tata Usaha
  8. Hubungan Masyarakat (Humas)
Updated: 3 Desember 2018 — 3:20 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!