Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Contoh Adaptasi

Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Contoh Adaptasi – Setiap makhluk hidup di bumi tinggal di dalam suatu lingkungan yang berbeda-beda bahkan tak jarang pula membuat mereka harus berpindah-pindah tempat hidup.

Untuk dapat bertahan hidup, makhluk hidup terkadang harus dapat mengambil keuntungan dari lingkungan.

Suatu upaya yang dapat dilakukan oleh makhluk hidup agar dapat bertahan dari keadaan dan tekanan di lingkungannya adalah dengan menyesuaikan dengan tempat hidupnya.

Baca Juga : Pengertian, Ciri dan Manfaat Musyawarah

Kemampuan suatu individu atau makhluk hidup untuk dapat menyesuiakan diri dengan lingkungannya agar dapat bertahan hidup disebut dengan kemampuan adaptasi.

Tujuan

Tujuan utama dari beradapatasi adalah menghindari terjadinya kepunahan. Namun selain itu ada beberapa tujuan dari adapatasi makhluk hidup yaitu sebagai berikut:

  • Untuk mendapatkan makanan
  • Untuk dapat bereproduksi
  • Untuk melindungi diri dari musuh
  • Untuk dapat melawan perubahan kondisi lingkungan seperti cuaca

Jenis dan Contoh

Adaptasi secara umum dibagi menjadi tiga jenis, yaitu adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi, dan adaptasi tingkah laku. Berikut penjelasan lebih dan contoh dari masing-masing jenis adaptasi tersebut.

1. Adaptasi Morfologi

Adaptasi morfologi adalah suatu adaptasi makhluk hidup dengan cara menyesuaikan bentuk atau struktur tubuhnya. Adaptasi morfologi dapat dilihat dari luar tubuh sehingga mudah untuk diamati.

Tujuan dari adaptasi morfologi adalah untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan. Contoh dari adaptasi mosrfologi adalah:

  • Pada manusia. Pada manusia contoh adaptasi morfolgi adalah rambut manusia akan berubah menjadi putih atau beruban seiring bertambahnya usia, rambut-rambut halus pada kulit manusia akan berdiri jika terkena suhu rendah, kulit manusia akan berubah hitam jika terkena sinar matahari.
  • Pada hewan. Pada hewan contoh adaptasi morfologi adalah bentuk kaki bebek yang memiliki selaput untk memudahkannya berjalan dan mencari makan di daerah yang berlumpur, bentuk paruh burung berbeda-beda sesuai dengan makanannya ( burung pemakan biji mempunyai bentuk paruh runcing, tebal, dan pendek, sedangkan pemakan daging memiliki bentuk paruh melengkung tajam pada bagian ujungnya, dan lainnya).
  • Pada tumbuhan. Pada tumbuhan contoh adaptasi morfologi adalah tumbuhan yang hidup di daerah kurang air biasanya memiliki akar yang panjang dan daun yang kecil atau runcing, tumbuhan air memiliki daun yang lebar.

Baca Juga : Pengertian, Contoh dan Perbedaan Antara Penduduk dan Warga Negara

2. Adaptasi Fisiologi

Adaptasi fisiologi meliputi bentuk penyesuaian fungsi organ dalam tubuh. Adaptasi fisiologi bisanya meliputi perubahan enzim ataupun zat kimia lainnya. Contoh adaptasi fisiologi adalah:

  • Pada manusia. Pada manusia contoh adaptasi fisiologi adalah saat cuaca panas tubuh akan mengeluarkan banyak keringat untuk mengembalikan suhu normal tubuh dan saat gelap mata akan menyesuaikan dengan melebarnya pupil mata agar dapat menangkap cahaya lebih banyak.
  • Pada hewan. Pada hewan contoh adaptasi fisiologi adalah musang memiliki kelenjar bau yang akan mengeluarkan cairan ketika dirinya merasa terancam, hewan pemakan rumput memiliki enzim khusus yaitu selulase yang berfungsi untuk memecah dinding sel tumbuhan.
  • Pada tumbuhan. Pada tumbuhan contoh adaptasi fisiologi adalah bunga akan mengeluarkan bau sedap untuk menarik serangga untuk membantunya bereproduksi, kantung semar akan mengeluarkan bau khas yang disukai serangga untuk menariknya mendekat agar tergelincir dan terperangkap dalam cairan di dalam tubuh kantong semar.

2. Adaptasi Tingkah Laku

Adaptasi tingkah laku merupakan bentuk adaptasi makhluk hidup yang dapat terlihat dari perubahan tingkah lakunya dalam menghadapi suatu perubahan lingkungan. Contoh dari adaptasi tingkah laku adalah:

  • Pada manusia. Pada manusia contoh adaptasi tingkah laku adalah ketika ada petir kita akan menutup telinga atau ketika kita mencium bau tidak sedap maka kita akan menutup hidung.
  • Pada hewan. Pada hewan contoh adaptasi tingkah laku adalah trenggiling akan menggulungkan tubuhnya sebagai bentuk pertahanan terhadap musuh.
  • Pada tumbuhan. Pada tumbuhan contoh adaptasi tingkah laku adalah tumbuhan putri malu akan menutup ketika mendapatkan rangsangan sentuhan.

Baca Juga : Pengertian dan Contoh Akulturasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018