Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Unsur, Prinsip, Cabang Dan Jenis Seni Rupa

Melalui artikel kami kali ini akan membahas tentang pengertian, unsur, prinsip, cabang dan jenis – jenis seni rupa untuk anda pahami sehingga mampu membedakan diantara mereka dan memudahkan dalam mempelajari.

Pengertian, Unsur, Prinsip, Cabang Dan Jenis Seni Rupa

Pengertian, Unsur, Prinsip, Cabang Dan Jenis Seni Rupa

Yang dimaksud dengan Seni Rupa adalah sebuah cabang dari ilmu seni yang fokus kepada mengapresiasikan pengalaman artistik dari sebuah kehidupan seorang manusia menjadi bentuk – bentuk menarik yang bisa diraba oleh tangan, dilihat oleh mata, dan dinikmati dengan perasaan dalam jangka waktu yang berulang – ulang.

Unsur – Unsur Sebuah Seni Rupa

Yang dimaksud dengan unsur – unsur terhadap dasar dari sebuah karya seni antara lain adalah titik – titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna serta tekstur dan gelap terang.

Prinsip – Prinsip Seni Rupa

  1. Kesatuan / unity adalah unsur – unsur seni rupa yang dapat dipadukan sehingga member sebuah bentuk dan ibarat menghasilkan sebuah ungkapan.
  2. Keseimbangan / balance adalah sesuatu yang bisa ditargetkan dengan cara mengatur tata letak unsur – unsur hingga membentuk media yang tidak berat sebelah atau terfokus.
  3. Ritme atau irama adalah media atau sesuatu yang sulit untuk dipegang atau diraba, tetapi dapat dirasakan dalam bentuk pengulangan dan gerakan.
  4. Penekanan / aksen adalah usaha membuat penampilan pada bagian – bagian tertentu terhadap sebuah karya seni yang mampu memberikan perhatian dengan cara mengatur posisi, mengetahui perbedaan ukuran, perbedaan warna dan pengaturan arah unsur.
  5. Proporsi / ukuran perbandingan adalah salah satu upaya pengaturan yang berhubungan dengan ukuran antara satu bagian dengan bagian yang lainnya agar menjadi serasi.
  6. Keselarasan / harmoni adalah unsur – unsur seni yang berhaluan senada terhadap kombinasi pada bagian – bagian yang dianggap fokus sehingga menjadi serasi.

Cabang Dan Ragam Dari Seni Rupa

Bisa dipelajari melalui klasifikasi atau pengelompokan berdasarkan atas bentuk dan dimensi.

Jenis – Jenis Seni Rupa

  1. Seni Lukis. Merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk mengolah beragam unsur seni rupa, contohnya adalah garis, pengaplikasian bidang, warna, dan tekstur terhadap bidang – bidang 2 dimensi. Belakangan ini seni lukis yang umum dibuat adalah di atas kanvas yang dikenal dengan istilah seni lukis modern.
  2. Seni Patung. Seni rupa jenis ini diwujudkan melalui sebuah pengolahan unsur – unsur seni terhadap bidang tiga dimensi. Bahan – bahan yang dimanfaatkan adalah bahan – bahan alami seperti kayu, batu dan bahan – bahan lainnya yaitu logam. 
  3. Seni Grafis / Cetak. Seni grafis dapat diklasifikasikan ke dalam kelompok / bentuk 2 dimensi, namun memiliki sedikit perbedaan terhadap karya tunggal dimana seni ini memiliki kekhasan yaitu sifatnya mudah direproduksi atau diperbanyak.

Demikian kami mengulas dengan singkat semoga saja bermanfaat !

Baca Juga : Pengertian Seni Rupa Murni

Updated: 29 November 2018 — 2:10 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!