Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Unsur, Struktur, Dan Jenis Kalimat

Pengertian, Unsur, Struktur, Dan Jenis Kalimat – Pengertian kalimat adalah merupakan satuan bidang bahasa yang memiliki sifat efektif dan efisien dalam hal merangkai kata – kata atau deretan kata dan mampu berdiri sendiri guna menjelaskan makna lengkap di dalamnya. Kalimat merupakan kelompok satuan bahasa paling kecil yang berfungsi menjelaskan ide – ide secara utuh, lisan maupun tulisan.

Dalam memulai kalimat, bisa diawali oleh huruf kapital lalu diakhiri dengan tanda titik, tanda tanya, dan tanda seru. Unsur – unsur dan struktur kalimat terdiri dari subjek, predikat, objek dan keterangan.

  • Subjek

Kehadiran daripada subjek pada sebuah kalimat memiliki fungsi untuk membentuk kalimat awal, kalimat luas, kalimat tunggal dan kalimat majemuk. Yang kedua adalah memperjelas arti, ketiga menjadi ide – ide utama, memperjelas makna, menegaskan pikiran berupa ungkapan dan membentuk kesatuan ide.

  • Predikat

Kehadiran predikat di dalam kalimat memiliki fungsi untuk membentuk kalimat awal, kalimat sendiri, kalimat majemuk dan kalimat luas. Yang kedua berfungsi sebagai elemen penjelas yaitu memperjelas ide dan pikiran yang hendak disampaikan dengan menentukan kejelasan arti atau makna kalimat di dalamnya serta menegaskan makna dan membentuk kesatuan pola pikir serta sebagai sebutan.

  • Objek

Kehadiran objek di dalam kalimat memiliki fungsi untuk membentuk kalimat dasar terhadap kalimat ‘berpredikat transitif’, memperjelas arti kalimat, serta membentuk kesatuan atau kelengkapan ide.

  • Keterangan

Keterangan pada kalimat berfungsi untuk melengkapi informasi perintah – perintah kalimat. Hal ini diaplikasikan terhadap surat undangan, laporan penelitian, dan informasi terkait dengan tempat, waktu, sebab, dan lain – lainnya.

Mengenal Jenis – Jenis Kalimat

  • Berdasarkan Atas Pengucapan

Kalimat dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu : kalimat langsung dan kalimat tak langsung.

  • Berdasarkan Atas Jumlah Frase / Struktur Gramatikal

Kalimat bisa dibedakan menjadi 5 jenis yaitu kalimat tunggal, kalimat majemuk, kalimat berita, kalimat tanya dan kalimat seruan.

  • Berdasarkan Atas Unsur Kalimat

Kalimat dapat dibeda – bedakan ke dalam 2 jenis yaitu kalimat lengkap dan kalimat tak lengkap.

  • Berdasarkan Atas Susunan S – P

Kalimat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu kalimat ‘inversi’ dan kalimat ‘versi’.

  • Berdasarkan Atas Bentuk Serta Gaya Penyajiannya / ‘Retorika’

Kalimat bisa dibedakan menjadi 3 jenis yaitu kalimat yang melepas, kalimat yang klimaks, dan kalimat yang berimbang.

  • Berdasarkan Atas Subjeknya

Kalimat bisa dibedakan menjadi 2 jenis yaitu kalimat aktif dan kalimat pasif.

Demikian kami mengulas dengan singkat tentang pengertian, unsur, struktur dan jenis kalimat, semoga bermanfaat bagi para pembaca yang baik hati.

Updated: 11 Desember 2018 — 4:25 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!