Pengertian Zaman Pra Aksara dan Aksara

Pengertian Zaman Pra Aksara dan Aksara – Asal kata Pra Aksara berasal dari kata ”pra” yang arti nya adalah sebelum dan “aksara” arti nya adalah tulisan.

Kesimpulan arti dari Zaman Pra Aksara adalah zaman saat manusia belum mengetahui fungsi dari suatu tulisan.

Pengertian Zaman Pra Aksara dan Aksara

Pengertian Zaman Pra Aksara dan Aksara

Baca Juga : Pengertian dan Masa Prasejarah dan Praaksara di Indonesia

Ada 3 cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui usia dari peninggalan budaya Pra Aksara :

  1. Metode Stratigrafi  digunakan untuk menentukan usia asumsi dilihat dari kondisi dan warna lapisan tanah dari tempat asal  benda tersebut. Lapisan tanah yang paling atas adalah warna yang paling muda, dan semakin ke bawah warna nya akan semakin tua.
  2. Metode Tipologi digunakan untuk menentukan usia asumsi dari benda bersejarah tersebut berdasarkan tipe dan model nya. Semakin sedernama sederhana model atau tipe benda nya, dapat diasumsikan bahwa usia nya semakin tua . Tetapi sebenar nya metode ini belum dapat dipastikan keabsahan nya, karena benda yang mempunyai bentuk sederhana belum tentu dibuat lebih awal dibandingkan dengan benda yang lebih  mempunyai detai ataupun mempunyai bentuk lebih halus dan sempurna.
  3. Metode Kimiawi digunakan untuk menentukan usia dari suatu benda berdasarkan kandungan partikel kimiawi yang ada didalam benda tersebut.

Pengertian Zaman Aksara menurut para ahli adalah:

1). H. S Poerwadarminto

Sejarah merupakan:

  • Suatu bentuk dari kesusasteraan lama, silsilah dan asal-usul
  • Suatu kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lampau.
  • Suatu ilmu pengetahuan, cerita pelajaran tentang kejadian maupun peristiwa yang terjadi di masa lampau.

2). Herodotus (484-425 SM)

Mendapatkan julukan “The father of History” atau dengan pengertian lain sebagai Bapak dari suatu ilmu sejarah.

Yang menyatakan:

Suatu sejarah tidak berkembang ke suatu arah di masa depan dengan tujuan yang pasti, tetapi bergerak menyerupai suatu garis lingkaran yang tinggi rendahnya disebab kan oleh suatu keadaan manusia.

3). Ibnu Khaldun (1332-1406)

Yang Menyatakan:

Suatu sejarah adalah bentuk catatan tentang suatu masyarakat pada umat manusia atau bentuk dari suatu peradaban dunia dan tentang perubahan watak yang terjadi pada masyarakat tersebut.

4). H. Walsh

Berpendapat bahwa “History is significant narrative of human actions and experiences in the pas”

Yang Berarti:

Suatu sejarah adalah bentuk catatan yang mempunyai arti penting dari suatu tindakan dan pengalaman masa lalu seorang manusia.

5). Bryce

Penulis dari “The study of America History”

Yang Menyatakan:

Bahwa “History is the record of what man has though, said and done” yang mempunyai pengertian bahwa sejarah merupakan catatan dari suatu yang telah dipikirkan, dikatakan dan dilakukan oleh manusia.

6). Moh. Ali,

Berpendapat bahwa pengertian dari suatu sejarah sebagai berikut:

  • Suatu sejarah merupakan suatu kejadian dan peristiwa yang berhubungan dengan manusia, benda dan berhubungan dengan perubahan yang nyata di dalam kehidupan manusia yang menjalan nya.
  • Suatu sejarah adalah cerita yang tersusun secara rapi dan teratur.
  • Suatu sejarah adalah ilmu yang menyelidiki ada nya perkembangan dan peristiwa serta suatu kejadian di masa lalu.\

7). H .Roesman Abdulgani

Yang Menyatakan:

Suatu ilmu sejarah adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang  mempunyai tujuan untuk meneliti secara sistematis mengenai perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lalu, sebagai perbendaharaan program di masa depan.

8). Sidi Gazalba

Yang Menyatakan:

Suatu  ilmu sejarah adalah bayangan masa lalu tentang kehidupan manusia dan sekitarnya sebagai bagian dari makhluk sosial yang disusun menggunakan metode ilmiah secara lengkap, yang meliputi urutan fakta  di masa tersebut dengan menggunakan penafsiran dan penjelasan yang akan memberi kan pengertian dan pemahaman dari masa lalu tersebut.

9). Moh. Yamin, SH

Yang Menyatakan:

Suatu ilmu sejarah berdasar kan paham ilmiah merupakan suatu ilmu pengetahuan yang disusun berdasar kan hasil dari penyelidikan beberapa kejadian yang dapat dibuktikan.

Baca Juga : Sejarah dan Peninggalan Kerajaan Kalingga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018