Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian Zat Pengatur Tumbuh Atonik Beserta Hal Lain Terkait

Pengertian Zat Pengatur Tumbuh Atonik Beserta Hal Lain Terkait – Yang dimaksud dengan zat pengatur tumbuh atonik menurut (Heddy, 1986) adalah sebuah istilah yang menjelaskan tentang zat pengatur tumbuh mencakup hormon tumbuhan beserta senyawa – senyawa buatan lainnya yang bisa memberi pengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuh – tumbuhan. Nama senyawa bersangkutan bisa menggambarkan tentang kegiatan – kegiatan fisiologis mereka yang berhubungan dengan zat tumbuh daun, akar dan yang lainnya.

Menurut (Harjadi, 1986), yang dimaksud dengan zat pengatur tumbuh atonik adalah sekelompok dari zat – zat yang dapat mempengaruhi proses pertumbuhan disertai perkembangan tanaman dengan cara yang hampir mendekati sempurna, dimana zat – zat organik di dalamnya menyimpan masa aktif jauh berlipat ganda apabila dibandingkan dengan tingkat konsentrasinya yaitu hanya berjumlah kecil saja serta memiliki daya pengaruh fisiologi yang sebanding.

(Dwidjoseputro, 1983) menjelaskan bahwa zat pengatur tumbuh atonik adalah salah satu zat yang memiliki peranan cukup besar terhadap terjadinya proses fisiologi yang berhubungan dengan zat – zat biokimia pada tanaman yang dimaksud.

Menurut penjelasan dari (Harun Al Rasyid dan Sumarno, 1985), masing – masing tanaman yang akan melalui proses ‘distimulir’ akan mengalami proses pertumbuhan untuk siap dalam menerima rangsangan terhadap zat – zat pengatur tumbuh pada tanaman yang sifat ‘sintetiknya’ berbeda – beda, terutama untuk kosentrasi dalam jumlah terlalu rendah akan kurang memegang peranan seperti yang diharapkan, sedangkan pada kosentrasi yang terlampau tinggi maka akan memiliki sifat seperti racun bagi tumbuh – tumbuhan yang dimaksud.

Selanjutnya (Lingga, 1986) menjelaskan bahwa zat pengatur tumbuh atonik merupakan sebuah proses mekanisme dimana pemanfaatan zat – zat pengatur tumbuh dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan zat – zat tersebut ke sekitar daun, juga bisa dilakukan dengan cara mencelupkan bibit bagian akar ke dalam larutan zat pengatur tanaman yang dimaksud.

Pendapat lain menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan zat pengatur tumbuh atonik adalah salah satu zat pengatur tanaman agar mudah tumbuh dimana sangat mudah diperoleh pada toko – toko obat pertanian dimana zat pengatur tumbuh ini mampu dimanfaatkan untuk meningkatkan proses terjadinya fotosintesis, proses terjadinya peningkatan ‘sintesis protein’ dan meningkatnya daya serap terhadap unsur hara dalam tanah (Anonymous, tt).

Zat pengatur tumbuh atonik dikenal sebagai salah satu zat senyawa yang mengandung bahan – bahan aktif ‘triakontanol’ yang pada umumnya memiliki fungsi sebagai media untuk mendorong pertumbuhan tanaman dimana dengan memberikan zat pengatur tumbuh dengan rutin terhadap tanaman maka akan dapat merangsang penyerapan unsur hara oleh tanaman yang dimaksud (Kusumo, 1984).

Zat atonik mampu juga untuk menghasilkan peningkatan hasil atau produksi, mutu, warna, kandungan vitamin dengan cara menghasilkan buah – buahan matang seragam di pohon serta menciptakan daya tahan tanaman dan bagian – bagiannya terhadap serangan hama.

Atonik tersebut di atas adalah zat pengatur tumbuh pada tanaman yang memiliki bentuk cairan berwarna kecoklatan, diproduksi oleh PT. Mastalin Mandiri, Jakarta dengan konsentrasi anjuran adalah 2 cc/1 air.

Demikian kami mengulas tentang pengertian zat pengatur tumbuh atonik beserta hal lain terkait, semoga memberikan manfaat bagi para pembaca.

Updated: 10 Januari 2019 — 4:35 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!