Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Perhitungan, Jenis dan Perbedaan Bunga Simpanan dan Bunga Pinjaman

Pengertian, Perhitungan, Jenis dan Perbedaan Bunga Simpanan dan Bunga Pinjaman – Bagi yang sudah mempersiapkan masa depan dengan menabung di Bank, pasti tidak asing dengan yang namanya Bunga Simpanan dan Bunga Pinjaman.

Namun, bagi yang belum begitu paham dengan hal tersebut pasti bertanya-tanya apa dan bagaimana kegunaan dari bunga tersebut.

Dalam artikel ini akan dibahas tentang hal-hal yang menyangkut Bunga Simpanan dan Bunga Pinjaman.

Baca Juga : Pengertian, Sejarah dan Ciri Sistem Ekonomi Komando

Bunga Simpanan adalah bunga yang diberikan oleh Bank untuk nasabah sebagai rangsangan atau balas jasa bagi nasabah yang menabung.

Dengan begini nasabah akan terus menabung ke Bank tersebut agar uang yang mereka aman dan tentu saja dapat bertambah.

Dengan begini  Bank juga akan untung karena bisnis yang mereka jalankan juga akan terus berlangsung. Berikut penghitungan bunga simpanan yang terdiri dari tiga metode, yaitu:

  • Perhitungan Bunga Berdasarkan Saldo Terendah

Dalam perhitungannya, Bunga tabungan akan didasarkan pada jumlah saldo terendah pada bulan laporan dan bunga tabungan yang berlaku adalah 6% per tahun. Berikut rumus perhitungan bunganya :

Bunga = (jumlah saldo terendah x suku bunga [%] x jumlah hari pada bulan laporan) / jumlah hari dalam 1 Tahun

  • Perhitungan Bunga Berdasarkan Saldo Rata-rata

Dalam perhitungannya, bunga tabungan akan didasarkan pada rata-rata saldo harian pada bulan berjalan. Rumus perhitungannya:

Bunga = (saldo rata-rata harian x suku bunga [%] x jumlah hari pada bulan berjalan) / jumlah hari dalam 1 tahun

Baca Juga : Pengertian, Unsur, Fungsi dan Ciri Firma

  • Perhitungan Bunga Berdasarkan Saldo Harian

Perhitungan bunga dengan metode inididasarkan pada besarnya saldo harian pada bulan berjala. Bunga tabungan yang berlaku adalah 6%. Rumus perhitungannya :

Bunga = (saldo harian x suku bunga [%] x jumlah hari pada bulan berjalan) / jumlah hari dalam 1 tahun

Bunga Pinjaman adalah bunga yang diberikan ketika seseorang meminjam uang di Bank. Bunga Pinjaman ini dibagi menjadi 4 jenis yaitu bunga Flat, bunga Efektif, Bunga Anuitas, dan bunga Mengambang. Berikut penjelasan tentang keempat Bunga tersebut.

  • Suku Bunga Flat

Bunga Flat adalah system bunga yang perhitungannya mengacu kepada pokok pinjaman awal. Maksudnya adalah bunga yang diberikan oleh Bank sama dengan angsuran pokok. Rumus perhitungannya :

Total bunga = Pokok Pinjaman x Suku Bunga per tahun x Jangka Waktu Pinjaman

  • Suku Bunga Efektif

Bunga Efektif atau sering disebut sliding rate adalah perhitungan besar bunga yang didasarkan pada saldo akhir dalam setiap bulannya. Jadi besar bunga yang harus dibayarkan berubah-ubah setiap bulannya. Rumus perhitungannya :

Bunga per Bulan = Saldo Akhir Periode x Bunga Tahunan / 12

  • Suku Bunga Anuitas

Hampir sama dengan Bunga Efektif. Perbedaannya terletak pada angsuran setiap bulannya yang tetap, namun komposisi bunga dan pokok angsurannya akan berubah setiap periodenya. Nilai bunga akan mengecil dan angsuran pokok per bulannya akan membesar. Rumus perhitungannya:

Angsuran bulanan = Pokok Kreditxsuku bunga per Tahun/12×1(1-(1+Suku Bunga per Tahun/12)jumlah Periode Pembayaran setiap Bulan)

  • Suku Bunga Floating

Bunga Floating adalah perhitungan besar bunga berdasarkan suku bunga pasar. Jadi pokok pinjaman tetap sama namun perhitungan suku bunganya dapat berubah berdasarkan suku bunga pasar.

Demikianlah sedikit ulasan tentang Bunga Simpanan dan Bunga Pinjaman. Namun perhitungan Bunga Bank bisa saja berbeda masing-masing Bank, tergantung pada kebijakan Bank itu sendiri.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas, sebaiknya kita menanyakan tentang Bunga dan segala yang terkait dengan hal tersebut saat membuka rekening.

Baca Juga : Pengertian, Ciri, jenis, Kekurangan dan Kelebihan Pasar Monopoli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!