Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Proses Terjadinya Angin Darat Dan Angin Laut

Proses Terjadinya Angin Darat Dan Angin Laut – Yang dimaksud dengan Angin Darat adalah salah satu jenis angin yang bergerak dari daratan menuju ke arah lautan yang terjadi di waktu malam hari.

Sedangkan pengertian dari Angin Laut adalah sejenis angin yang perlahan – lahan bergerak dari lautan menuju ke daratan yang berlangsung pada waktu siang hari.

Angin Darat dan Angin Laut sama – sama merupakan angin yang bergerak di sekitar daerah darat dan laut, dimana ketika peristiwa tersebut sedang berlangsung maka suhu di daratan akan menjadi lebih dingin dibandingkan dengan suhu di lautan.

Rangkaian Proses Terjadinya Angin Darat Dan Angin Laut

Proses terjadinya Angin Darat dan Angin Laut disebabkan karena adanya kondisi perbedaan sifat diantara daratan dan lautan di dalam fungsinya untuk menyerap dan melepaskan energi terhadap panas matahari. Daratan akan menyerap lalu melepaskan energi panas hingga menjadi lebih cepat dibandingkan dengan lautan. Periode Angin Darat dan Angin Laut adalah bersifat harian.

Angin Laut / ‘The Sea Breeze’

Pengertian Angin Laut berlangsung ketika hari masih pagi menjelang sore hari, daratan akan menyerap energi panas menjadi lebih cepat daripada lautan sehingga suhu udara di darat menjadi lebih panas dibandingkan dengan di laut. Karena udara panas di daratan akan naik maka digantikan dengan udara dingin yang berasal dari lautan. Maka terjadilah aliran udara dari laut menuju ke darat.

Sedangkan teori terjadinya Angin Laut pada waktu siang hari adalah dimana suhu lautan akan menjadi lebih dingin apabila dibandingkan dengan suhu pada daratan. Hal ini terjadi karena sifat laut atau kondisi perairan yang lambat dalam menerima panas serta lambat melepaskannya.

Lautan akan menjadi sebuah daerah yang mempunyai suhu bertekanan tinggi secara maksimum sedangkan daratan akan menjadi area yang menyimpan tekanan rendah secara minimum.

Manfaat dari Angin Laut adalah pas untuk digunakan oleh para nelayan guna kembali ke daratan usai menangkap ikan di laut, karena Angin Laut memudahkan mereka untuk menuju ke daratan melalui dorongan air laut menuju ke daratan.

Pada umumnya para nelayan akan berangkat untuk mencari ikan pada waktu malam hari dengan memanfaatkan hembusan Angin Darat, dimana ketika akan pulang di waktu hari sudah siang akan memanfaatkan hembusan angin laut. Dengan cara mengikuti arah Angin Laut dan Angin Darat inilah maka para nelayan akan menjadi terbantu untuk memudahkan mereka menuju ke darat atau sebaliknya akan berlaut hendak menangkap ikan.

Angin Darat / ‘The Land Breeze’

Seperti dijelaskan di atas bahwa Angin Darat terjadi saat waktu sedang malam hari, dimana energi panas pada permukaan bumi akan diserap sepanjang hari lalu dilepaskan lebih cepat oleh daratan yang berudara dingin. Sedangkan di lautan, energi panas sedang dalam proses atau membentuk sebuah rangkaian untuk dilepaskan ke udara.

Gerakan – gerakan ‘konvektif’ yang terjadi akan menyebabkan udara dingin akan berhembus dari daratan untuk menggantikan udara yang naik perlahan – lahan dari lautan sehingga terjadilah aliran udara dari darat menuju ke laut.

Terjadinya Angin Darat pada waktu malam hari adalah dimana suhu pada daratan menjadi lebih dingin apabila dibandingkan dengan suhu pada lautan. Hal ini terjadi karena adanya sifat daratan yang menjadi lebih cepat menerima panas dan lebih cepat menerima dingin. Daratan akan menjadi suatu daerah yang menyimpan tekanan tinggi secara maksimum sedangkan lautan akan berubah menjadi daerah yang mempunyai tekanan rendah secara minimum.

Manfaat Angin Darat seperti diulas di atas adalah berguna untuk para nelayan yang hendak berangkat mencari ikan ke laut, maka dari itu anda akan sering melihat sekelompok nelayan berangkat ke laut untuk mencari ikan pada waktu malam hari, bukannya ketika hari sedang siang merupakan waktu yang pas untuk para nelayan pulang dari menangkap ikan di laut.

Demikianlah pembahasan kami mengenai proses terjadinya Angin Darat dan Angin Laut, semoga bermanfaat bagi para pembaca. Dimana perlu juga dipelajari tentang kedua jenis angin ini bagi para pelajar agar menjadi tahu dan dapat menambah wawasan atau pengetahuan terkait dengan keduanya.

Updated: 12 April 2019 — 7:03 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!