Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Resep Obat Batuk Tradisional Untuk Anak

Resep Obat Batuk Tradisional Untuk Anak  – Anak – anak berusia 1 sampai 5 tahun sangatlah rentan terserang berbagai penyakit ringan seperti batuk, demam, flu dan pilek.

Dan ketika sang anak terserang batuk, para orang tua terutama ibu akan merasa sangat sedih melihat buah hati mereka terkulai lemah dan mulai rewel.

Maka dari itu, anda sebagai ibunya harus cepat berfikir dan bertindak melakukan pencegahan sebagai pertolongan pertama bagi si penderita dengan cara memberikan obat batuk untuk anak – anak mereka.

Baca : Budidaya Tanaman Vanili

Pada umumnya para ibu lebih suka memilih untuk memberikan anak – anak mereka obat batuk atau obat penurun panas yang direkomendasikan oleh dokter dan mudah dibeli di apotik.

Dimana untuk memberikan obat batuk, anda memang harus konsultasi ke dokter anak atau mencari tahu apa yang menjadi penyebab batuk pada anak anda sehingga bisa memberikan obat yang tersedia di rumah.

Ada beberapa macam penyebab batuk, namun pada umumnya disebabkan karena adanya infeksi pada saluran pernapasan bagian atas yang merupakan gejala flu. Alergi, asma dan TBC juga mudah mememicu batuk. Adanya benda asing yang masuk ke dalam saluran pernapasan, tersedak, atau menghirup asap rokok juga bisa mengakibatkan batuk.

Resep Obat Batuk Anak

Anak – anak anda tidak boleh diberi sembarangan obat batuk, apalagi yang mengandung antibiotik. Antibiotik memiliki sifat membunuh bakteri termasuk bakteri baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Akibatnya adalah anak menjadi lebih mudah terserang penyakit karena kekebalan tubuhnya menurun.

Nah, berikut ini ada beberapa resep obat batuk tradisional untuk anak.

Bunga Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh merupakan salah satu sayuran yang rasanya sangat asam dengan bentuk mirip seperti ketimun tapi berukuran kecil dan kulitnya tidak sekeras ketimun. Banyak dijual di pasar – pasar tradisional di dekat anda tinggal. Nah, bunga dari belimbing wuluh ini akan dimanfaatkan untuk mengobati batuk anak.

Bahan yang diperlukan adalah 1 genggam bunga belimbing wuluh, 1 siung bawang merah, sedikit buah pala, 1 sendok makan gula batu, dan 1/2 gelas air matang. Potong bawang merah menjadi 4 bagian lalu hancurkan buah pala menjadi bagian kecil – kecil dan masukkan semua bahan dalam mangkok untuk selanjutnya ditim selama satu jam. Saring airnya lalu minumkan pada anak. Dosisnya 3 – 4 kali sehari satu sendok makan setiap kali minum. Tidak disarankan diberikan kepada anak – anak usia di bawah 1 tahun.

Kencur

Selain kunyit, masih ada bumbu dapur lainnya yang umum dijadikan sebagai obat batuk tradisional untuk anak – anak, namanya adalah kencur. Kencur ini berkhasiat untuk meringankan batuk pada anak – anak.

Caranya, ambil 5 gram kencur, bersihkan dan kemudian diparut. Tambahkan 2 sendok makan air matang, peras airnya kemudian campurkan dengan 1 sendok makan madu murni. Berikan pada anak sebanyak 2 – 3 kali sehari. Tidak disarankan untuk anak dibawah usia satu tahun.

Sekali lagi ingat, batuk merupakan reaksi tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke dalam saluran pernapasan. Sebenarnya kondisi ini merupakan hal yang sangat biasa. Begitu juga dengan demam, meningkatnya suhu tubuh anak merupakan salah satu reaksi tubuh untuk membunuh bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh sehingga menjadi demam.

Jangan sampai rasa khawatir anda pada anak – anak justru akan merugikan si anak. Jadilah orang tua yang cerdas dengan tanggap terhadap kesehatan anak – anak anda. Selamat mencoba !

Baca Juga : Manfaat Booting

Updated: 1 Mei 2019 — 12:49 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!