Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

TAHAPAN DAN PROSES EVALUASI

TAHAPAN DAN PROSES EVALUASI – Masih ingatkah pada saat kita masih di bangku sekolah dulu dalam melaksanakan kegiatan dan aktifitas tertentu stelah melakukan kegiatan tersebut kita pasti akan melaksanakan yang namanya Evalusi,untuk itu evaluasi iru apa?dan bagaiman tahapan  serta proses evalusi?untuk kali ini saya akan mengulas itu semua.

Apa Itu Evaluasi?

Evalusi berasal dari bahasa asing yitu bahasa inggris di nkenal dengan istilah evaluation ,secara umum evalusi adalah suatu proses untuk menyediakan informasi sejauh mana tentang suatu kegiatan tertentu yang telah di capai.

Menurut wrightstone,dkk evaluasi adalah penaksiran terhadap pertumbuhan dan kemajuan ke arah tujuan atau nilai nilai yang telah di tetapkan.

Menurut sudijono evaluasi adalah interpretasi atau penafsiran yang bersumber pada data kuantitatif

Tahapan Evaluasi

  1. Menentukan topik evaluasi:dalam mengevaluasi harus menentukan topik yang akan kita evaluasi baik program kerja atau hasil kerja.
  2. Merancang kegiatan evaluasi:sebelum melakukan evaluasi alangkah baiknya merancang kegiatan evaluasi agar tidak ada yang terlewatkan.
  3. Pengumpulan Data:setelah merancang langkah selanjutnya pengumpulan data sesuai yang telah kita rencanakan.
  4. Pengolahan dan analisis data:langkah selanjutnya yaitu mengolah data dengan mengelompokan agar vmudah di analisis.
  5. Pelaporan hasil evaluasi:Hasil evaluasi Harus di ketahui oleh orang orang yang berkepentingan agar mengetahui hasil yang telah kita kerjakan.

Proses evaluasi

Untuk melakukan proses evaluasi harus ada sebagian hal yang akan di ulas yaitu apa yang akan menjadi materi evaluasi,bagaimana proses evaluasi, kapan evaluasi di laksanakan dan kenapa harus di adakan evaluasi.yang harus di lakukan evaluasi yaitu harus da narasumber,efektifitas penyebaran pesan,seleksi sarana yang tepat dan keputusan anggaran,evaluasi tersebut mesti di adakan tujuan untuk mencegah kekeliruan perincian pembiayaan,harus menentukan strategy terbaik dari berbagai aternatif strategis yang ada,meningkatkan efisiensi uklan secara general ,dan memandang apakah tujuan sudah berhasil di segi lain,industri terkadang enggan untuk mengadakan evaluasi karena biayanya yang mahal,terdapat permasalahan dengan riset ,ketidak setujuan kan apa yang akan di evaluasi ,merasa telah mendekati tujuan.itulah ulasan mengenai kapitalisme cukup sekian dan terimakasih.

Updated: 20 Maret 2019 — 7:53 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!