Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Tahap-Tahap Respirasi Pada Tanaman

Tahap-Tahap Respirasi  Pada Tanaman – Proses respirasi merupakan reaksi oksidasi senyawa organik untuk dapat menghasilkan energi yang dapat digunakan untuk melakukan aktivitas sel dan dan kehidupan suatu tumbuhan dalam bentuk ATP atau senyawa yang berenergi tinggi lainnya.

Selain itu proses respirasi juga akan menghasilkan senyawa-senyawa yang dapat digunakan sebagai bahan sintesis berbagai senyawa lain.

Hasil akhir dari proses respirasi adalah CO2 yang berperan dalam keseimbangan karbon dunia.  Proses respirasi berlangsung pada siang-malam.

r

Proses respirasi merupakan proses katabolisme atau suatu penguraian senyawa organik menjadi senyawa anorganik.

Proses respirasi disebut sebagai suatu proses oksidasi bahan organik yang terjadi di dalam sebuah sel dan berlangsung secara aerobik maupun anaerobik.

Dalam proses respirasi aerob akan diperlukan oksigen dan akan menghasilkan karbondioksida serta energi.

Sedangkan pada respirasi anaerob yang mana oksigen kurang tersedia dan akan menghasilkan senyawa selain karbondiokasida, seperti alkohol, asetaldehida atau asam asetat dan sangat sedikit energi.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, proses respirasi akan berlangsung degan baik jika ada atau tidak oksigen.

Pada saat tidak ada oksigen maka terjadi fermentasi, yang merupakan proses penguraian gula yang terjadi tanpa memerlukan oksigen.

Namun, jalur katabolik yang paling dominan dan efisient ialah dengan respirasi aerobik, yang dalam prosesnya menggunakan oksigen sebagai reaktan bersama dengan bahan-bahan organik lainnya (aerobic berasal dari kata Yunani aer, udara dan bios, kehidupan).

Beberapa prokariota dapar menggunakan suatu zat selain oksigen sebagai reaktan dalam suatu proses yang serupa yang memanen energi kimia tanpa menggunakan oksigen sama sekali.

Proses ini disebut dengan respirasi anaerobik (awalan an– berarti ‘tanpa’). Istilah respirasi seluler mencakup pada proses aerobik dan anaerobik.

Namun istilah tersebut berasal dari sinonim untuk respirasi aerobik sebab adanya hubungan antara proses tersebut dengan proses respirasi pada suatu organisme, yang mana hampir seluruh organisme menggunakan oksigen.

Tahapan respirasi

  • Penangkapan oksigen dari lingkungan sekitar
  • Proses transportasi gas – gas dalam tumbuhan secara keseluruhan berlangsung secara difusi.
  • Oksigen akan masuk ke dalam setiap sel pada tumbuhan dengan jalan difusi melalui ruang antar sel, sitoplasma dan juga membran sel.
  • CO2 yang dihasilkan akan melakukan proses difusi ke luar sel dan masuk ke dalam ruang antar sel.
  • Setelah mengambil O2 dari udara bebas, kemudian akan digunakan dalam proses respirasi dengan melakukan beberapa tahapan, antara lain : Glikolisis, dekarboksilasi ksidatif, siklus asam sitrat dan transpor elektron.

Fosforilasi, glikolisis, dan lingkaran krebs

  • Fosforilasi: merupakan penambahan fosfat pada molekul-molekul glukosa. Proses fosforilasi: penambahan 1 fosfat oleh ATP akan terbentuk glukosa 6 fosfat yang kemudian ATP akan menyusut dan menjadi ADP. Proses ini berlangsung dengan memerlukan enzim heksokinase dan bantuan dari ion-ion Mg2+. Hasilnya: fruktosa 1,6-difosfat
  • Glikolisis: Berasal dari bahasa latin “glykos” yang berarti gula, “lysis” yang berarti Tahapan perubahan glukosa menjadi dua buah molekul asam piruvat terjadi di sitosol. Karbohidrat akan diubah menjadi heksosa fosfat , kemudian dipecah menjadi dua molekul triosa fosfat, dan selanjutnya dioksidasi menjadi dua molekul piruvat. Glikoslisis menghasilkan ATP dan NADH dalam jumlah kecil. Glukosa à Glukosa 6-fosfatà Fruktosa 1,6 dilfosfat à3-fosfogliseral dehid (PGAL)/ Triosa fosfat Asam piravat. Hasil : 2 molekul asam pivarat, 2 molekul NADH sebagai sumber elektron dengan energi  tinggi dan 2 molekul ATP untuk setiap molekul glukosa.
  • Lingkaran krebs

Lingkaran krebs ialah suatu urutan kejadian dari oksidasi asam piruvat secara aerob.

Baca Artikel Lainnya :

Piruvat yang dihasilkan oleh glikolisis akan ditransportasikan ke dalam matriks mitokondria melalui protein transport khusus.

Kemudian akan melakukan dekarboksilasi dalam suatu reaksi oksidasi oleh suatu enzim piruvat dehidrogenase. Hasilnya : NADH, CO2 dan Asam Asetat dalam bentuk Asetil koA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme