Call Center BPJS Kesehatan Terbaru 24 Jam
blog

Call Center BPJS Kesehatan Terbaru 24 Jam

Untuk memudahkan warga negara Indonesia dalam mengatasi masalah kesehatan, pemerintah menyediakan layanan BPJS Kesehatan. Dengan layanan jaminan sosial ini, masyarakat bisa menerima beban biaya yang lebih ringan jika sewaktu-waktu ada masalah kesehatan yang terjadi.

Nah, demi memberikan pelayanan yang maksimal, pihak BPJS Kesehatan juga menyediakan call center untuk menjawab pertanyaan atau pengaduan masyarakat. Memangnya, berapa nomor call center BPJS Kesehatan ini?

Layanan Call Center BPJS Kesehatan 

Kalau kamu tengah menghadapi kendala terkait BPJS, jangan khawatir. Layanan call center BPJS Kesehatan bisa dihubungi melalui nomor 1500400. Untuk memastikan bahwa semua orang yang membutuhkan bantuan dapat terlayani, tersedia care center 165 yang beroperasi selama 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu.

Sayangnya, nomor tersebut tidaklah gratis. Bagi masyarakat yang ingin menghubungi call center BPJS kesehatan bebas pulsa, bisa mencoba cara-cara lain yang akan dijelaskan di bawah.

1. Layanan VIKA

Layanan VIKA merupakan asisten virtual yang dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi seputar BPJS Kesehatan. Layanan ini dapat diakses melalui website BPJS Kesehatan, aplikasi mobile JKN, dan melalui layanan call center BPJS kesehatan.

Lewat layanan VIKA, masyarakat dapat menanyakan informasi seputar cara mendaftar BPJS Kesehatan, cara mengecek status kepesertaan, cara membayar iuran BPJS, cara mengganti data pribadi, dan masih banyak lagi.

Cara Lain Menghubungi BPJS Kesehatan 

Selain layanan call center, masih ada beberapa cara lain untuk menghubungi layanan BPJS Kesehatan, di antaranya:

1. CHIKA 

Kalau kamu tipe orang yang kurang nyaman berbicara langsung dengan operator call center BPJS kesehatan, kamu tetap bisa menghubungi mereka lewat chat. Telah hadir Chika, alias chat assistant JKN, yang bisa membantu saat kamu membutuhkan pelayanan informasi atau melakukan pengaduan.

Chika bisa diakses melalui Facebook Messenger, Telegram, dan WhatsApp. Respons yang akan kamu terima juga super cepat karena chat-nya berupa sistem AI, sehingga kamu bisa langsung mengakses layanan yang kamu butuhkan. Hubungi nomor 0811-8750-400 atau Telegram (@BPJSKes_bot) untuk berkomunikasi dengan Chika.

2. Aplikasi Mobile JKN

Aplikasi Mobile JKN adalah sebuah aplikasi mobile yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan. Aplikasi ini memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan BPJS Kesehatan. Di dalam aplikasi ini, masyarakat dapat melakukan beberapa hal, seperti cek status kepesertaan, cek saldo iuran, cek riwayat kesehatan, hingga mengajukan klaim.

3. PANDAWA

Tidak semua orang punya banyak waktu luang untuk mengunjungi kantor BPJS Kesehatan, apalagi kalau harus antre lama menunggu giliran. Untuk mengatasi hal ini, ada Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA) yang akan memudahkanmu mengakses kebutuhan administrasi.

Mulai dari daftar baru, penambahan anggota keluarga, perubahan FKTP, dan lainnya, sekarang bisa dilakukan lewat WhatsApp saja ke nomor 08118165165. Masyarakat juga bisa mengirimkan email ke alamat [email protected].