Kandungan dan Manfaat Kacang Merah

Kandungan dan Manfaat Kacang Merah – Kacang merah adalah salah satu keluarga dari polong – polongan atau Fabaceae yang memiliki kandungan gizi tinggi.

Namun sayangnya makanan yang dapat dimanfaatkan sebagai pengontrol berat badan ini belum banyak di konsumsi di Indonesia.

Kacang merah kecil atau kacang adzuki, kacang merah besar atau kacang kidney dan red bean merupakan jenis dari kacang merah yang biasanya dimanfaatkan sebagai bahan sop.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Koro

Berikut ini beberapa kandungan dari kacang merah dengan berat 101 gram :

Kandungan gizi Jumlah
Energi 346 kkal
Karbohidrat 59.8 gr
Kalsium 83 mg
Lemak 1.8 gr
Fosfor 403 mg
Protein 23.4 gr
Vitamin A 2 IU
Vitamin B1 0.8 mg
 Zat Besi 7 mg

Manfaat yang diberikan oleh kandungan kacang merah adalah :

  1. Menjadi sumber energi

Agar meningkatnya energi dalam tubuh dan  metabolisme, maka diperlukan adanya zat besi.

Salah satu kandungan dari kacang merah sendiri adalah zat besi, sehingga kacang merah sangat cocok dikonsumsi untuk meningkatkan energi seseorang, bahkan kacang merah ini dapat membantu sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh.

  1. Mengontrol berat badan

Jika anda menginginkan memiliki berat badan yang stabil, maka tidak ada salahnya sering mengonsumsi kacang merah, karena dengan mengonsumsinya kita akan merasa kenyang dalam waktu lama. S

ehingga secara tidak langsung dapat membantu untuk mengontrol berat badan dan andapun dapat melupakan makanan dalam beberapa waktu.

  1. Sumber antioksidan

Antioksidan memiliki manfaat untuk menjaga sel – sel dalam tubuh dan memperbaikinya jika rusak akibat serangan radikal bebas.

Sehingga ketika anda mengonsumsi makanan kaya akan antioksidan maka kesehatan anda tetap terjaga.

Salah satu makanan yang kaya antioksidan adalah kacang merah, hal ini jelas dapat membantu anda untuk memperoleh antioksidan yang cukup apalagi kacang merah dikenal sebagai sumber antioksidan yang tinggi.

  1. Mengontrol kadar gula

Kacang merah juga dikenal kaya serat, sedangkan serat sendiri dapat menurunkan tingkat metabolisme karbohidrat pada jenis kacang – kacangan.

Jadi tidak ada salahnya ketika anda menginginkan memiliki kadar gula yang stabil maka mengonsumsi kacang merah.

Baca Juga : Kandungan dan Manfaat Kacang Kapri

  1. Sumber protein

Protein hewani dan protein nabati memang lebih baik nabati yang berasal dari polong – polongan. Sedangkan pada protein hewani banyak sekali kandungan lemak jahatnya.

Salah satu jenis sumber protein nabati adalah kacang merah, mereka mengandung protein sehat, dapat membantu menjaga kesehatan tubuh anda dan pastinya rendah lemak.

  1. Bermanfaat untuk otak

Menjaga kesehatan otak memang dibutuhkan adanya vitamin K, sehingga dapat menyediakan nutrisi bagi otak dan syaraf – syarafnya.

Salah satu makanan yang mengandung vitamin K adalah kacang merah, dengan mengonsumsinya secara teratur kesehatan dan asupan nutrisi akan tetap tercukupi dengan baik.

  1. Sumber vitamin

Mengandung vitamin B yang baik untuk pertumbuhan sel otak, sehingga jika dikonsumsi secara teratur dapat mencegah terjadinya penyakit Alzheimer.

Alzheimer sendiri adalah penyakit pikun yang berkaitan dengan kesehatan otak penderitannya.

  1. Melancarkan buang air besar

Mengandung serat yang sangat baik dalam sistem pencernaan dan mengonsumsi makanan yang berserat dapat membantu melancarkan buang air besar.

Sehingga mengonsumsi makanan berserat secara teratur dapat memberikan manfaat untuk melancarkan buang air besar, mencegah terjadinya sembelit dan menjaga kesehatan usus.

  1. Menurunkan kolesterol

Kacang merah mengandung serat dan magnesium yang memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Protein salah satu kandungan yang sangat dibutuhkan oleh jantung untuk menjaganya agar tetap sehat, sehingga tidak ada salahnya jika anda mengonsumsi kacang merah secara teratur mengingat mereka memiliki kandungan protein yang cukup baik.

Baca Juga : Cara Penanganan Pasca Panen Tanaman Kacang Panjang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *