Ilmu Pertanian

Agroteknologi

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Kandungan dan Manfaat Tanaman Genjer

Kandungan dan Manfaat Tanaman Genjer – Tanaman genjer merupakan salah satu tanaman gulma yang hidup di sekitar persawahan.

Tanaman ini bisa dibilang sangat bermanfaat mengingat Kandungan yang ada pada setiap batangnya.

Tetapi gulma juga sangat berbahaya bagi area persawahan karena dapat meningkatkan kompetisi atau perebutan makanan antara tanaman gulma dan tanaman lain misalkan padi.

kandungan genjer

Kandungan tanaman genjer

Walaupun genjer berupa tanaman pengganggu yang tumbuh di sekitar persawahan ternyata mengandung banyak nutrisi. Berikut nutrisi yang terkandung di dalam tanaman genjer :

Energi 33 kkal
Protein 1,7 gr
lemak 0,2 gr
Karbohidrat 7,7 gr
Kalsium 62 mg
Fosfor 33 mg
Zat besi 2 mg
Vitamin B1 0,07 mg

Manfaat tanaman genjer

Berdasarkan kandungan nutrisi yang terdapat pada setiap tumbuhan genjer, maka genjer sendiri memiliki manfaat , berikut manfaatnya :

  • Meremajakan sel- sel tubuh

Setiap hari tubuh manusia memproduksi jutaan sel yang menggantikan sel – sel yang sudah tidak berfungsi di dalam tubuh.

Apalagi tanaman genjer mengandung protein sebesar 1,7 gram, sehingga dengan memanfaatkan dapat membantu tubuh meremajakan sel dalam tubuh.

  • Cadangan energi dalam tubuh

Salah satu kandungan tanaman genjer adalah lemak, maka jika seseorang memakannya, secara tidak langsung lemak akan berada dalam tubuh dan menjadi energi tubuh ketika di butuhkan sewaktu – waktu.

  • Memperkuat tulang

Kalsium adalah salah satu kandungan yang ada pada tanaman genjer. Sedangkan kalsium sendiri memiliki peran penting dalam pertumbuhan tulang pada anak – anak dan pada dewasa berperan dalam memperkuat tulang serta mengurangi terjadinya osteoporosis.

Maka jika seseorang memakannya akan membantu memperkuat tulang – tulangnya terutama manula.

  • Mencegah kanker kolon dan sembelit

Pada umumnya kanker kolon terjadi akibat dari pola makan yang tidak benar sehingga mengakibatkan pencernaan yang tidak lancar.

Di sarankan memakan genjer secara rutin apalagi mengingat kandungan serat yang tinggi pada genjer, dengan begitu seseorang tersebut dapat jauh dari risiko terkena kanker genjer.

Berdasarkan sebuah penelitian juga, jika seseorang mengonsumsi sayuran genjer dapat mengurangi terkena sembelit atau susah buang air besar (BAB).

  • Mengurangi penyakit jantung

Sayuran genjer dapat juga mencegah penyakit jantung karena mengandung polifenol yang berperan sebagai antioksidan.

  • Menjaga kadar gula dalam darah seseorang

Bagi anda yang sedang mengalami diabetes, bisa memanfaatkan genjer untuk menjaga kadar gula dalam darah anda, agar kondisinya stabil.

  • Membantu mencegah kolesterol pada seseorang.
  • Mempengaruhi sistem pencernaan

Salah satu manfaat tanaman genjer adalah untuk membantu proses pencernaan dalam sistem pencernaan dan juga dapat mencegah terjadinya sembelit.

Selain itu genjer ini mampu menyerap sari makanan pada tubuh sehingga tidak adanya tumpukan racun yang menyebabkan terjadinya kelebihan berat badan atau lebih di kenal dengan sebutan obesitas.

  • Membantu ibu hamil

Genjer juga bermanfaat untuk membantu ibu hamil menambah energi dan juga untuk membentuk otot – otot pada si janin.

  • Mengatasi anemia

Bagi anda yang mengalami anemia atau keuangan darah sebaiknya memakan genjer untuk di jadikan menu makanannya, keranda tanaman genjer mengandung zat besi yang dapat membantu pembentukan dan memperbaiki sel darah merah dalam darah.

  • Mempercepat menghentikan pendarahan dan penyembuhan luka seseorang.

Biasanya untuk mengonsumsi daun genjer bisa saja langsung di kukus atau di rebus dan langsung bisa di makan, misalnya saja di campur dengan bumbu pecel.

Baca Juga :

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme