Ini dia Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jeruk Bali

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jeruk Bali – Tanaman jeruk bali menjadi salah satu jenis tanaman yang sudah tersebar diberabgai negara yang ada diseluruh dunia.

Ini dia Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jeruk Bali
Ini dia Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jeruk Bali

Dengan begitu, anda tidak akan merasa asing lagi kalau jenis tanaman ini memiliki klasifikasi dan morfologi yang terbaik untuk anda.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai klasifikasi dan juga morfologi tanaman jeruk bali tersebut. Bagi anda yang ingin melihat pembahasan tentang klasifikasi dan morfologinya, maka cobalah untuk simak ulasan berikut ini.

Klasifikasi Tanaman Jeruk Bali

  • Kingdom – Plantae
  • Sub Kingdom – Tracheobionta
  • Super Divisi – Spermatophyta
  • Divisi – Magnoliophyta
  • Kelas – Magnoliopsida
  • Sub Kelas – Rosidae
  • Ordo – Sapindales
  • Famili – Rutaceae
  • Genus – Citrus L.
  • Spesies – Citrus sinensis

Morfologi Tanaman Jeruk Bali

2. Akar Tanaman Jeruk Bali

Sistem perakaran yang dimiliki oleh tanaman jeruk bali merupakan sistem perakaran yang berjenis tunggang.

Bagian akar yang dimilikinya tersedia pangkal utama dan akan bercabang dengan arah yang ke samping.

Ukuran utama dari akar tunggang tanaman jeruk ini, biasanya mencapai sekitaran 4 meter yang ada di dalam tanah dan dapat bertumbuh dengan baik di kondisi tanah yang gembur serta subur.

Ujung akar yang dimiliki oleh tanaman jeruk bali ini tertutup dengan tudung akarnya yang berlendir. Dengan begitu, ini akan melindungi akarnya sehingga tidak akan mudah untuk patah atau rusak ketika menembus tanah.

Dibagian ujung akar ini terdiri atas sel-sel yang muda dan senantiasa membela serta menjadi titik dalam pertumbuhan dari tanaman jeruk bali ini.

2. Batang Tanaman Jeruk Bali

Tanaman jeruk bali ini memiliki morfologi yang cukup unik pada batangnya. Dalam hal ini, tanaman jeruk bali memiliki batang yang berbentuk bulat dan mempunyai mata tunas.

Bahkan, di permukaan batangnya terlihat kulit yang agak kasar dan disertai dengan duri. Secara umum, tanaman jeruk bali ini memiliki pertumbuhan yang bisa mencapai kisaran 4,5 meter.

Adapun warna batang yang terlihat beragam-ragam, dimana ini hanya tergantung dari jenis tanaman jeruk bali tersebut.

3. Daun Tanaman Jeruk Bali

Tumbuhan jeruk bali ini memiliki panjang yang bisa mencapai sekitaran 5 hingga sampai dengan 15 cm dan akan membentuk seperti telur dan biasanya terlihat bentuk yang oval.

Jika kita perhatikan secara detail dan teliti, maka kita akan mengetahui kalau bentuknya menyerupai buah pir. Dibagian ujung daun yang dimiliki oleh tanaman jeruk bali ini terlihat seperti meruncing.

Pada umumnya, tanaman jeruk bali ini memiliki sistem pertulangan daun yang terlihat seperti menyirip.

Jeruk bali biasanya akan memiliki aroma khas dan wangi jika ditumbuk, memungkinkan kalau ini berbau harum karena adanya kandungan dari minyak asri.

Sedangkan untuk warna daun yang dimiliki oleh tanaman jeruk bali ini memiliki warna yang hijau tua dan mengkilap di permukaan dari daunnya.

4. Bunga Tanaman Jeruk Bali

Nah, untuk morfologi yang selanjutnya dari tanaman jeruk bali ini adalah bunga yang dimilikinya. Dimana bunga yang dimiliki oleh tanaman jeruk bali ini termasuk pada jenis bunga yang bersifat majemuk.

Warna bunganya sangat menarik untuk dilihat, dalam artinya bunga tanaman jeruk bali ini akan menampilkan warna yang terlihat putih bersih.

Selain itu, tanaman jeruk bali ini juga menyediakan bunga yang terdapat putik dan juga benang sari yang ada pada suatu bunga ataupun hermafrodit.

Tanaman jeruk bali ini juga memiliki benang sari yang berkisaran 5 hingga sampai dengan 20 dan tersedia pada suatu putik.

Bunga yang dimiliki oleh tanaman jeruk bali ini telah mengandung madu sehingga akan membuat para serangga menjadi lebih tertarik.

Nah, serangga yang tertarik pada bunganya merupakan salah satu cara terbaik dari proses penyerbukannya.

Inilah membuat tanaman jeruk bali menjadi salah satu jenis tanaman yang unik dan memiliki morfologi yang khas pada bunga tanaman jeruk bali ini. Tanaman jeruk bali ini akan sering muncul dibagian ranting yang terlihat muda.

5. Buah atau Berbau Tanaman Jeruk Bali

Jika anda sudah mengetahui beberapa morfologi yang sudah dijelaskan diatas, maka selanjutnya anda dapat memahami tentang morfologi bunga yang dimiliki oleh tanaman jeruk bali ini. Menurut informasi yang ditemukan oleh kami, tanaman jeruk bali ini memiliki ukuran yang cukup besar dengan kulit buahnya yang terlihat tebal.

Buah tanaman jeruk bali ini memiliki bentuk dari buahnya adalah bulat seperti bola. Sedangkan bagian daging yang dimiliki oleh buah tanaman jeruk bali ini memiliki warna yang pink atau terlihat warna seperti merah jambu.

Buah yang dimiliki oleh tanaman jeruk bali ini tersedia beragam rasa. Dimana ini hanya tergantung dari varietas yang dimiliki oleh tanaman jeruk bali.

6. Biji Tanaman Jeruk Bali

Biji tanaman jeruk bali ini biasanya terdapat pada buliran buah dengan ukuran yang diameternya relatif kecil.

Disetiap biji yang telah dilapisi dengan kulit keras akan digunakan untuk membungkus biji sehingga tidak akan mengalami kerusakan dan sifat dari kulitnya adalah sifat poliembriontal.

Kulit biji yang dimilikinya terlihat seperti meruncing dibagian atasnya dan disertai dengan bentuk yang bulat. Tak hanya itu saja, tanaman jeruk bali ini juga memiliki warna putih yang agak keabu-abuan dan ada pula warna yang putih kekuningan.

Jumlah biji dari tanaman jeruk bali ini tidak bisa diperhitungkan oleh anda. Dalam artinya ini hanya tergantung dari varietasnya.

You May Also Like

About the Author: agroteknologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *