Informasi Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Panjang

Salah satu tanaman yang sering dibudidayakan oleh para petani adalah tanaman kacang panjang. Kacang panjang ini termasuk dalam jenis sayuran musiman, yang mana hidupnya memiliki umur pendek selain tomat, terong dan cabai.

Informasi Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Panjang
Informasi Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Panjang

Tanaman ini tumbuh dengan bentuk semak atau perdu dengan sifat merambat atau melilit, biasanya memiliki tinggi sekitar 2 meter atau lebih.

Klasifikasi tanaman kacang panjang

Nama latin Vigna sinense L
Kingdom Plantae
Divisi Spermatophyta
Kelas Angiospermae
Subkelas Dicotyledonae
Ordo Rosales
Famili Legumnocecae
Genus Vigna
spesies Vigna sienensis L

Morfologi tanaman kacang panjang

Morfologi tanaman kacang terdiri dari akar, batang, daun, bunga, buah dan polong serta biji. Berikut penjelasannya :

1. Akar

Tanaman kacang panjang memiliki 2 jenis akar, akar tunggang dan serabut. Akar tunggang lurus ke dalam tanah dengan kedalaman sekitar 30 cm sedangkan akar serabutnya tumbuh menyebar ke arah samping (horizontal) dengan panjang sekitar 26 cm, tapi akar serabut ini tidak tumbuh dalam ke dalam tanah.

2. Batang

Batang pada tumbuhan kacang panjang berbentuk bulat dan berdiameter sekitar 0,6 – 1 cm , namun jika tanaman kacang panjang yang memiliki pertumbuhan bagus akan memiliki diameter hingga 1,2 cm bahkan lebih.

Batang yang dimiliki tanaman kacang panjang liat, keras, tidak memiliki rambut dan panjang.

3. Daun

Daun yang dimiliki oleh kacang panjang merupakan daun majemuk tersusun dari 3 helaian. Daun tersebut berbentuk lonjong dan ujungnya runcing hampir segitiga, sedangkan tepinya rata, tidak memiliki bentuk tapi memiliki tulang daun yang menyirip. Si daun memiliki sebuah tangkai utama yang berkedudukan agak tegak mendatar.

Ukuran daun ancang panjang adalah sekitar 9 – 13 cm dengan panjang tangkai sekitar 0,6 cm. Permukaan si daun kasar dengan warna hijau tua pada permukaan atasnya dan hijau muda pada permukaan bawahnya.

Ukuran daun pada kacang panjang bervariasi, ada yang berukuran sekitar 9 – 15 cm dan lebar sekitar 5 – 8 cm.

4. Bunga

Bunga yang dimiliki oleh tanaman kacang panjang termasuk bunga sempurna, maksudnya bunga tersebut memiliki 2 alat kelamin, yaitu alat kelamin betina (putik) dan alat kelamin jantan (benang sari). Tipe bunga kacang panjang adalah tipe Zygomorphus (bilateral simetri) yang memiliki bentuk mirip dengan kup – kup (papilona cues) . bunga terdiri dari :

  • Tangkai bunga
  • Kelopak bunga
  • Mahkota bunga (daun mahkota)
  • Benang sari
  • Kepala putik

Tangkai pada bunga terdiri 2 tangkai, yaitu:

  • Tangkai utama, memiliki bentuk panjang sekitar 9 – 13 cm dengan diameter sekitar 2 mm dan tidak memiliki cabang,
  • Tangkai bunga memiliki ukuran sangat pendek, panjangnya sekitar 3 mm.
  • Buah atau polong

Tanaman kacang memiliki buah berbentuk bulat panjang dan ramping. Pada umumnya buah kacang ini disebut polong yang biasanya memiliki ukuran sekitar 30 – 100 cm. Perbedaan ini terjadi karam tergantung dari varietasnya ketika ditanam.

Selain ukuran polong yang beda, warna polong sendiri juga berbeda, ada yang memiliki warna putih, hijau, putih kemuning – kuningan biasanya warna polong tua, hijau keputih – putihan biasanya warna pada polong masih muda.

5. Biji

Tanaman kacang panjang memiliki biji berbentuk bulat panjang dan agak pipih serta sedikit melengkung. Warna bijinya bermacam – macam tergantung dari varietasnya.

Ada yang berwarna cokelat, kuning, kuning kemerah – merakan, hitam putih berbercak merah. Biasanya biji ini berukuran sekitar 8 – 9 mm panjangnya dan lebar sekitar 5 – 6 mm.

Demikianlah penjelasan mengenai Informasi Klasifikasi dan morfologi Kacang Panjang. Selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: agroteknologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *