Ilmu Pertanian

Agroteknologi

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pembentukan Sel Kelamin Tumbuhan

Pembentukan Sel Kelamin Tumbuhan – Sel kelamin atau dikenal juga dengan gamet adalah sel yang berfungsi untuk melakukan proses reproduksi secara seksual pada semua makhluk hidup.

Seperti yang sudah kita ketahui, jika semua makhluk memiliki dua macam organ reproduksi yaitu jantan dan betina.

Hal ini juga berlaku pada tumbuhan, karena sel kelamin pada tumbuhan juga terbagi dua yakni sel kelamin jantan dan sel kelamin betina.

Untitled

Kedua sel kelamin tersebut  sama-sama diproduksi oleh alat kelamin yang terbentuk setelah tumbuhan tersebut menjadi dewasa.

Proses terbentuknya sel kelamin disebut dengan gematogenesis, sedangkan struktur yang menghasilkan gamet merupakan gonad.

Gemetogenesis meliputi pembentukan spermatogenesis atau sperma dan pembentukan oogenesis atau ovum.

Proses Pembentukan Sel Kelamin Tumbuhan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, jika pembentukan sel kelamin pada tumbuhan terbagi menjadi dua cara atau macam yaitu pembentukan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina.

Penjelasan pembentukan sel kelamin tumbuhan baik jantan atau betina dapat kita pelajari dengan membaca pembahasan dibawah ini.

  • Pembentukan Sel Kelamin Jantan Pada Tumbuhan

Pada tumbuhan dengan biji tertutup, pembentukan gamet atau sel kelamin jantan terjadi di bagian dalam kepala sari.

Bagian kepala sari memiliki kantong sari, yang di dalamnya terdapat sel induk serbu sari yang memiliki sifat diploid.

Sel induk tersebut akan membelah secara mitosis berulang kali dan menghasilkan sel induk serbuk sari yang banyak sekali. Sel-sel induk serbuk sari inilah yang akan mengalami pembelahan miosis.

Satu sel induk serbuk sari mampu menghasilkan 4 buah sel spora yang haploid. Kemudian sel spora haploid tersebut mengalami mitosis sekali, sehingga menghasilkan 2 sel haploid yaitu sel vegetatif dan 1 sel generatif.

Sel spora yang memiliki vegetatif disebut dengan serbuk sari dan inti generatif serbuk sari kemudian bermitosis sekali yang menghasilkan 2 inti sperma.

Pembelahan mitosis pada inti generatif berlangsung di pembuluh serbuk sari. Dari hasil pembahasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa sel kelamin jantan terbentuk melalui proses pembelahan mitosis.

  • Pembentukan Sel Kelamin Betina Pada Tumbuhan

Pembentukan sel kelamin betina pada tumbuhan berlangsung di dalam bakal biji yang terdapat pada bakal buah.

Di bagian dalam bakal biji terdapat sel-sel diploid yang aktif dalam pembelahan secara mitosis. Di antara sel-sel diploid tersebut, terdapat satu sel yang memiliki ukuran lebih besar dari pada sel-sel yang lainnya.

Sel dengan ukuran lebih besar inilah yang dinamakan dengan sel induk kandung lembaga yang diploid.

Sel induk tersebut, kemudian melakukan pembelahan secara miosis dan menghasilkan 4 sel anak yang haploid. Akan tetapi, 3 dari 4 sel anak tersebut melebur dan menyisakan 1 sel anak saja.

Satu sel inilah yang nanti akan mengalami pembelahan mitosis tiga kali, sehingga terciptalah 8 inti yang haploid.

Proses selanjutnya, 3 inti bergerak menuju ke kutub antipoda bakal biji dan 3 inti bergerak menuju ke kutub mikropil atau liang bakal biji.

Baca Juga :

Dua sel yang berada di tengah diantara 3 sel yang berada di antara kutup mikropil merupakan ovum atau sel telur, selanjutnya kedua sel bergabung menjadi satu yang disebut dengan inti polar sekunder atau inti kandung lembaga sekunder dengan sifat diploid.

Dari hasil pembahasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa sel kelamin betina terbentuk melalui proses pembelahan mitosis.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme