Ilmu Pertanian

Agroteknologi

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Fungsi, Ruang Lingkup Fisiologi Tumbuhan

Pengertian, Fungsi, Ruang Lingkup Fisiologi Tumbuhan – Kata ‘fisiologi’ merupakan kata yang diambil dari Bahasa Yunani; ‘physis’ memiliki arti alam dan ‘logos’ yang berarti ilmu pengetahuan.

Meskipun sering terdengar dan ditulis dalam berbagai buku ilmu pengetahuan, kata fisiologi cukup sukar untuk dihafalkan maupun dimengerti.

Fisiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang alam sekitar kita.

Fisiologi tumbuhan memiliki makna ilmu pengetahuan yang mempelajari dan meneliti tentang kehidupan tumbuhan; bagaimana proses kehidupan dari tumbuhan, fungsinya serta aktivitas tumbuhan itu sendiri.

Terdapat beberapa batasan yang ada dalam fisiologi tumbuhan yakni batas-batas yang diambil ialah apa yang dapat ditangkap oleh indera manusia sebagai peneliti.

Baca Juga : Pengertian dan Definisi Biokimia Pada Tumbuhan

Pembatasan ini bertujuan untuk pemfokusan penelitian pada objek yang hendak diteliti di lapangan serta diharapkan adanya kemudahan dalam menemukan hukum-hukum yang berguna dalam menyusun sebuah teori yang nantinya dapat berguna bagi manusia lainnya.

Fungsi Fisiologi Tumbuhan

Sebagai cabang ilmu pengetahuan, fisiologi tumbuhan tentunya mempunyai fungsi yang beragam. Antara lain:

  1. Berfungsi sebagai pedoman manusia dalam memenuhi kebutuhan melalui tanaman. Fisiologi tumbuhan membantu manusia terutama dalam bidang obat-obatan. Mengapa? Karena tubuh manusia yang sedang sakit tidak melulu harus mengonsumsi bahan kimia sebagai sumber penyembuh dan penawar penyakit. Tumbuhan yang merupakan bahan alami, memiliki banyak khasiat baik bagi tubuh manusia terutama sebagai obat-obatan. Fisiologi tumbuhan membantu para ilmuwan untuk membedakan tumbuhan mana saja yang dapat dijadikan obat dan mana yang bukan.
  2. Sebagai pedoman dalam menciptakan variasi baru olahan tanaman, seperti makanan, minuman maupun bahan kosmetik. Bahan alami dipercaya dapat membuat tubuh manusia menjadi lebih baik lagi karena kandungan yang ada dalam tiap tanaman memiliki fungsi yang baik bagi organ tubuh manusia. Ilmu pengetahuan yang senantiasa berevolusi mengharuskan manusia untuk selalu mengembangkan apa yang sudah ada menjadi sesuatu yang lebih baik lagi.

Ruang Lingkup Fisiologi Tumbuhan

Fisiologi tumbuhan berkonsentrasi pada bagaimana proses metabolism pada tumbuhan terjadi. Ruang lingkup dari cabang ilmu pengetahuan ini ialah:

  1. Sel
  2. Proses Transpirasi
  3. Unsur Esensial Tumbuhan
  4. Fotosintesis
  5. Respirasi Tumbuhan
  6. Karakteristik Molekul Air, dan
  7. Metabolisme Tumbuhan

Secara umum, fisiologi tumbuhan digolongkan terbagi menjadi beberapa ruang lingkup lainnya, seperti:

  1. Fisiologi Lepas Panen mempelajari tentang fisiologi bagian tumbuhan setelah bagian tersebut dipanen.
  2. Fisiologi Tanaman yang mempelajari tentang metabolism pada tanaman yang dibudidayakan.
  3. Fisiologi Benih mempelajari tentang benih yang mencakup tahapan pembenihan dan proses yang mengikutinya.
  4. Ekofisiologi mempelajari tentang faktor-faktor lingkungan; unsur cuaca dan iklim yang mempengaruhi metabolisme tumbuhan.

Ilmu pengetahuan tidak hanya berhenti pada titik yang sama. Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, perubahan senantiasa terjadi sebagai hasil dari penyesuaian zaman.

Manusia yang diberi Tuhan dengan akal dan pikiran hendaknya memanfaatkan segala yang ada di dunia, baik ciptaan Tuhan maupun manusia sendiri, dengan baik dan benar tanpa menghilangkan sesuatu yang telah ada.

Seperti pada ilmu pengetahuan, hendaknya manusia dapat mengembangkan ilmu yang sudah ada sejak lama dengan tujuan untuk mempermudah kehidupan manusia itu sendiri dan sekitarnya serta menjaga lingkungan hidup yang telah diciptakan Tuhan sebagai tempat tinggal kita, manusia.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan yang baru bagi pembaca sekalian. Amalkan ilmu pada sesama, niscaya ilmu yang kita miliki akan senantiasa abadi.

Baca Juga : FUNGSI DAN STRUKTUR DINDING SEL PADA TUMBUHAN

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme