Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Binahong

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Binahong – Tanaman binahong ini memiliki nama latin, yakni Anredera cordifol dan merupakan salah satu jenis tanaman yang obat-obatan.

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Binahong
Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Binahong

Telah diketahui kalau tanaman ini berasal dari negeri Tiongkok atau republik rakyat China. Di negara tersebut, tanaman ini sering kali disebut sebagai dheng san chi dan untuk dunia internasional, tanaman ini akan dinamakan sebagai hearthleaf madeiravine.

Mungkin tanaman binahong ini sudah banyak kali di dengar oleh telinga anda, karena tanaman ini biasanya dijadikan sebagai suatu gondola dan ini digunakan pada sebuah gapura ataupun melingkar diatas suatu jalan taman. Hal ini dikarenakan, sifat dari tanaman ini akan menjalar.

Biasanya tanaman ini sering dijadikan sebagai bahan obat-obatan, karena tanaman ini dapat mengatasi berbagai jenis penyakit yang ada di dalam diri manusia.

Ada banyak juga manfaat yang berasal dari tanaman ini, tentu saja ini akan menjadi manfaat bagi kesehatan. Dengan berbagai manfaatnya, maka tidak salah juga jika anda mengenalnya lebih dalam lagi.

Klasifikasi Tanaman Binahong

Tanaman binahong ini memiliki klasifikasi yang disertai dengan morfologi yang unik. Namun, pada pembahasan yang pertama ini, kami akan membahas tentang klasifikasinya terlebih dahulu. Untuk klasifikasi dari tanaman ini akan terdiri atas pembahasan yang berikut ini.

  • Kingdom – Plantae
  • Sub Kingdom – Viridiplantae
  • Infra Kingdom – Streptophyta
  • Super Divisi – Embryophyta
  • Divisi – Tracheophyta
  • Sub Divisi – Spermatophytina
  • Kelas – Magnoliopsida
  • Super Ordo – Caryophyllanae
  • Ordo – Caryophyllales
  • Famili – Basellaceae
  • Genus – Anredera Juss
  • Spesies – Anredera cordifolia (Ten.) Steenis

Morfologi Tanaman Binahong

Gimana dengan klasifikasinya? Unik bukan?.. Selain klasifikasi yang unik, tanaman binahong ini juga terdapat morfologi yang tidak kalah unik dengan klasifikasinya.

Bahkan, morfologinya memiliki ciri-ciri dan bentuk yang berbeda dari jenis tanaman lainnya. Apakah anda ingin melihat tentang seperti apa morfologinya?

Nah, untuk anda yang ingin melihat tentang morfologi yang dimilikinya, maka anda dapat menyimak ulasan yang berikut ini.

1. Akar Tanaman Binahong

Tahukah anda kalau morfologi pada akar tanaman binahong ini memiliki ciri khas yang tersendiri dan memiliki perbedaan yang mencolok pada jenis tanaman lainnya.

Jika anda melihat pada bagian akarnya, maka anda akan mengetahui kalau akar tanaman yang satu ini memiliki warna coklat kotor.

Umumnya, tanaman ini memiliki akar yang tergolong pada tipe akar tunggang. Akar tunggang ini akan memiliki ukuran yang tidak bisa ditebak dan terlihat berdaging lunak pada bagian akarnya.

2. Rhizoma Tanaman Binahong

Rhizoma adalah batang dan daun yang biasanya berada di kedalaman tanah. Dimana tanaman binahong ini terdiri atas rhizoma yang dapat bertumbuh dengan cara yang mendatar dan bercabang-cabang.

Tunas dari tanaman yang bernama binahong ini dapat bertumbuh mulai dari ujung rhizoma dan bisa dijadikan sebagai sebuah tanaman yang baru.

Perlu diketahui oleh anda kalau rhizoma bukan menjadi salah satu bentuk seperti akar, melainkan ini sebuah pejelmaan yang berasal dari batang. Ini juga berfungsi sebagai suatu tempat cadangan makanan dan sebagai alat perkembangbiakan.

Rhizoma ini biasanya akan terlihat seperti beruas-ruas maupun berbuku-buku. Selain itu, ini juga berdaun, akan tetapi  untuk bagian daunnya bisa berubah hingga menjadi seperti sisik-sisik.

Rhizoma dari tanaman yang satu ini mempunyai kuncup-kuncup dan telah diketahui kalau tumbuhnya tidak akan ke pusat air ataupun bumi, terkadang untuk tumbuhnya bisa ke atas dan muncul di permukaan tanah.

3. Daun Tanaman Binahong

Untuk morfologi yang berikutnya anda juga bisa lihat pada daun dari tanaman binahong ini. Dalam hal ini, daun tanaman tersebut termasuk pada jenis daun yang tunggal dan disertai dengan suatu tangkai yang subssile atau tangkai yang terlihat sangat pendek.

Pertulangan dari daun tersebut akan membentuk seperti menyirip dan letak dari daunnya akan tersusun dengan cara yang berselang-seling. Selain itu, daunnya akan berbentuk seperti cordata atau jantung. Tanaman ini juga mempunyai daun yang berwarna hijau muda.

Nah, untuk ukuran dari daunnya ini memiliki panjang yang bisa mencapai sekitaran 5 hingga sampai dengan 10 cm.

Sedangkan lebar untuk daun tanaman ini memiliki ukuran yang berkisaran 3 hingga 7 cm. Helaian daun dari tanaman ini tumbuh dengan cara yang tipis dan tampaknya seperti lemas.

Dibagian ujung daunnya akan terlihat seperti meruncing dan pangkal yang berbelah. Sementara itu tepi daun yang dimilikinya akan terlihat rata dan seringkali bergelombang. Pada bagian permukaan dari daunnya terasa seperti licin dan juga halus.

4. Bunga Tanaman Binahong

Tanaman yang disebut Binahong ini memiliki bunga yang berbentuk majemuk dan akan terlihat seperti bentuk tandan atau biasanya malai panjang.

Anda harus tahu kalau bunga tanaman yang satu ini memiliki tangkai yang panjang dan sering kali bunganya akan muncul pada bagian ketiak daun yang dimilikinya.

Umumnya, tanaman binahong ini memiliki mahkota bunga yang terdiri atas warna putih dan juga warna krem.

Mahkota bunga yang dimilikinya memiliki jumlah helai 5 dan tidak saling berdekatan. Untuk panjang dari mahkota bunganya berkisaran 0,5 hingga 1 cm dan memiliki aroma yang enak atau wangi.

Bagaimana? Demikianlah Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Binahong, Semoga bisa bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: agroteknologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *