5 Manfaat Sawi Untuk Kesehatan

Manfaat Sawi Untuk Kesehatan – Berikut di bawah ini kami berikan beberapa manfaat Sawi Hijau yang bagus buat menjaga kesehatan tubuh adalah sebagai berikut :

1. Untuk menjaga kesehatan tulang

Jika tubuh kekurangan asupan Vitamin K maka anda beresiko rentan terkena patah tulang dimana diketahui bahwa Vitamin K dibutuhkan oleh tubuh untuk kesehatan yang baik disebabkan karena Vitamin K mampu bertindak sebagai media untuk meningkatkan daya serap Kalsium dan mengurangi ‘ekskresi’ Kalsium.

Secangkir Sawi Hijau rebus mampu memberikan sekitar 770 mikrogram Vitamin K yaitu rata – rata 100 persen terhadap pemenuhan kebutuhan harian tubuh yang direkomendasikan setiap hari.

2. Untuk mencegah penyakit Kanker

Sayuran ini mengandung zat Sulfur dalam jumlah mencukupi yang dikenal dengan nama ‘Glucosinolates’ yang bagus untuk menghambat terjadinya proses perkembangan Kanker menjadi membesar seperti pada Kanker Paru – Paru, Payudara, dan Prostat.

Glucosinolate juga cukup efektif di dalam mencegah dan mengobati Kanker Kerongkongan dan Kanker Pankreas.

Sawi Hijau banyak mengandung Klorofil yang terbukti cukup efektif untuk mencegah dan mengobati efek ‘Karsinogenik Amina Heterosiklik’ yang didapat saat anda sedang memanggang makanan.

Hindari memanggang makanan hingga gosong dan untuk mencegah hal – hal yang tak diinginkan maka makanan yang terlanjur gosong bisa ditambahkan sayuran Sawi Hijau guna membantu meniadakan efek tak bermanfaat.

3. Untuk mencegah penyakit Diabetes

Secangkir Sawi Hijau menyediakan rata – rata sekitar 8 gram serat. Menurut ‘The Dietary Guidelines for Americans’ menganjurkan rata – rata per hari wanita membutuhkan sekitar 21 s/d 25 gram Sawi Hijau dan kelompok pria rata – rata membutuhkan sekitar 30 s/d 38 gram per hari.

Sawi Hijau dalam hal ini banyak mengandung zat Antioksidan  yang dikenal dengan nama zat Alpha Lipoic Acid sudah terbukti menyebabkan kadar Glukosa menjadi lebih rendah serta akan meningkatkan ‘sensitivitas insulin’ dan mencegah ‘oksidatif’ stres yang muncul karena adanya beberapa perubahan kondisi tubuh pada pasien penderita Penyakit Diabetes.

Sayur Sawi Hijau banyak mengandung serat dan kadar air dalam jumlah cukup tinggi yang bisa membantu mencegah sembelit dan mempertahankan saluran pencernaan tetap sehat.

4. Untuk menyehatkan kulit dan rambut

Sayuran ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit karena di dalamnya banyak mengandung Vitamin A merupakan nutrisi penting untuk memproduksi sebum yang menyebabkan rambut tetap dalam kondisi lembab.

Vitamin A bagus untuk proses pertumbuhan masing – masing jaringan tubuh termasuk di dalamnya adalah kulit dan rambut.

Rambut rusak pada umumnya disebabkan karena anda kekurangan zat Besi namun dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan / minuman yang mengandung zat Besi seperti ragam sayuran yang berwarna hijau, salah satunya adalah Sawi Hijau.

Asupan zat Besi dalam jumlah yang mencukupi dalam makanan yang akan anda konsumsi setiap hari akan mempengaruhi seberapa besar dan efisien tubuh di dalam memanfaatkan energi.

5. Bagus untuk membantu suasana hati yang sehat dan tidur lelap

Sawi Hijau banyak mengandung zat Kolin yang dapat membantu tidur anda menjadi lebih sehat, memperlancar gerakan – gerakan otot, membantu mempertahankan struktur dari membran sel, membantu ‘transmisi impuls’ saraf, membantu penyerapan lemak dan mengurangi ‘inflamasi’.

Di dalam zat Kolin dari Sawi Hijau terdapat zat Folat yang memiliki fungsi yaitu membantu mencegah Depresi dengan cara mencegah terjadinya kelebihan ‘Homosistein’ melalui proses pembentukan di dalam tubuh.

Adanya kelebihan zat Homosistein akan menyebabkan produksi Hormon Serotonin, Dopamine, dan Norepinephrine menjadi seimbang yang nantinya akan mengatur suasana hati, tidur sehat dan nafsu makan membaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *