Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Kenop (Lengkap)

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Kenop – Sebagian besar dari kita pasti mengetahui bunga kenop.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Kenop (Lengkap)
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Kenop (Lengkap)

Walaupun belum mengetahui namanya kita pasti pernah melihat bunga tersebut di sekitar kita. Hal ini karena bunga kenop dapat ditemukan tumbuh dimanapun.

Baik itu sebagai tanaman liar di sawah, pinggir jalan atau tanaman hias yang sengaja ditanam di kebun atau pekarangan rumah. Bunga kenop berasal dari Amerika dan Asia.

Di Indonesia, tanaman bunga kenop juga dikenal dengan nama bunga kancing, bunga adas-adasan atau kembang gundul.

Dalam bahasa inggris, bunga kenop dikenal dengan nama globe amaranth. Bunga kenop memiliki warna yang beragam mulai dari kuning, jingga, putih dan ungu.

Klasifikasi Tanaman Bunga Kenop

Bernama latin Flos Globosus Rumph, tanaman bunga kenop termasuk ke dalam klasifikasi

  • kingdom : plantae
  • subkingdom : tracheobionta (tanaman berpembuluh)
  • super divisi : spermatophyta (menghasilkan biji)
  • divisi : magnoliophyta (tanaman yang dapat berbunga)
  • kelas : magnoliopsida (tumbuhan berkeping dua atau dikotil)
  • sub kelas : hamamelidae
  • ordo : caryophyllales
  • famili : amaranthaceae (suku bayam-bayaman)
  • genus : gomphrena dan
  • spesies : gomphrena globosa L

Morfologi Tanaman Bunga Kenop

1. Akar

Tanaman bunga kenop termasuk ke dalam tanaman yang memiliki akar tunggang dengan warna kuning kecoklatan.

2. Batang

Batang tanaman ini berwarna hijau kemerahan dan memiliki sedikit rambut tipis yang batangnya dapat dilihat membesar pada ruas percabangan. Tinggi tanaman bunga kenop bisa mencapai 60cm.

3. Daun

Tanaman bunga kenop memiliki daun yang berwarna hijau dengan rambut putih yang agak kasar di bagian permukaan atas dan memiliki rambut halus di bagian permukaan bawah.

Daun tanaman ini memiliki bentuk seperti telur sungsang yang memanjang dengan ujung runcing dan memiliki tepi yang rata. Panjang daun bunga kenop berkisar antara 5-10cm dengan lebar 2-5cm.

4. Bunga

Tanaman bunga kenop memiliki bunga dengan warna yang beraneka ragam mulai dari putih terang, ungu kemerahan dan ungu terang.

Bunga kenop tersusun atas bonggol bunga yang lembarannya merapat sehingga kepala bunganya dapat berbentuk bulat atau membulat agak panjang.

Terkadang terdapat bunga yang tumbuh hingga 2-3 tangkai yang menyatu pada satu tangkai. Namun yang lebih sering ditemui adalah bunga tunggal di ketiak daun pada bagian atas cabang daun. Bunga pada bunga kenop memiliki bulu halus.

Biji tanaman bunga kenop memiliki bentuk seperti kotak dan hampir menyerupai segitiga dan dilapisi oleh lapisan tipis yang memiliki warna putih dengan biji berbentuk seperti ginjal dengan warna cokelat terang.

Bunga kenop memiliki banyak manfaat kesehatan, oleh karena itu tak akan rugi bila mencoba menanam bunga kenop di sekitar pekarangan rumah.

Bunga kenop dapat tumbuh di daerah yang memiliki sinar matahari yang cukup dengan penyiraman yang rutin. Biasanya tanaman ini dapat tumbuh pada ketinggi 1-1300 mdpl.

Cara menanam bunga kenop pun tak terlalu sulit, yang pertama adalah dengan menyiapkan media tanam yang berisi campuran dari pasir halus, tanah humus dan pupuk kompos dengan melalui proses pendiaman selama setidaknya 7 hari.

Setelah media tanam siap, maka dapat mulai disiapkan tempat untuk menanam misalnya polybag dan proses penaburan benih atau biji bunga kenop dimulai pada media tanam lalu tutup dengan lapisan media tanam lagi setelah menebar benih.

Sirami biji yang telah ditanam dengan menngunakan metode semprot dan letakkan tanaman di tempat yang teduh namun cukup terkena sinar matahari, tunggu hingga kecambah bunga kenop muncul sambil tetap disiram secara rutin.

Setelah proses pembibitan selesai, maka yang harus dilakukan adalah memindahkan bunga kenop ke dalam tempat menanam.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan mengenai Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Kenop semoga bisa bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: agroteknologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *