Cara Kontak CS BCA via Call Center Halo BCA, E-mail, Sosmed
blog

Cara Kontak CS BCA via Call Center Halo BCA, E-mail, Sosmed

Mayoritas nasabah BCA cenderung memilih nelpon ke Halo BCA call center karena hanya cara ini yang bisa digunakan untuk pengaduan yang berkaitan dengan transaksi spesifik nasabah BCA, misal: “PIN ATM saya terblokir, tolong bantu unblock PIN ATM saya.”

Tarif nelpon call center BCA terbilang mahal karena menggunakan tarif nelpon premium. Jika Anda hanya perlu mengajukan pertanyaan non-transaksi (misal: tentang produk BCA), kami sarankan untuk menggunakan opsi live chat maupun fitur chatting di social media untuk hemat waktu, baterai HP, dan pulsa.

Cara pilih channel CS BCA:

  • Jika tentang akun BCA Anda : Telpon Call Center BCA
  • Jika non-transaksi / umum : Sosmed / Email / Live-chat

Customer service untuk nasabah Bank BCA dan BCA Syariah sama. Kontak BCA Customer Service di:

 

Call Center BCA 24 Jam

Cara menghubungi Customer service BCA 24 jam adalah dengan telepon ke no Call center BCA 1500888 (Halo BCA). Halo BCA telp adalah satu-satunya cara untuk komplain tentang transaksi (sehingga perlu membuka data nasabah).

Halo BCA ada 2 jenis tergantung pemilik produk:

  • Rekening personal : Call Center BCA = 1500888
  • Rekening bisnis (PT, CV) : Call Center BCA Bisnis = 1500777

Halo BCA 24 jam melayani semua servis produk BCA, meliputi tabungan, deposito, kartu kredit, kredit tanpa agunan, dan produk lain BCA. Jadi, Call Center BCA finance, Call Center Kartu Kredit BCA, maupun Call Center BCA Bisnis, semuanya bisa dihubungi melalui No CS BCA 1500888.

Call Center BCA Syariah = Call Center BCA, yaitu 1500888 juga.

Tarif untuk nelpon ke no telp BCA berbeda-beda tergantung operator.

Nelpon Call
Center BCA Card via
Tarif Nelpon Call Center Bank BCA Bisa gunakan Paket Nelpon ?
Diawali Kode Area (021-1500888) Tanpa Kode Area (1500888)
XL Rp 149 /10 detik Rp 600 /menit Bisa = paket nelpon ke semua operator jika pakai kode area (misal: 021)
Axis Rp 300 /6 detik Rp 600 /menit Bisa = paket nelpon ke semua operator jika pakai kode area (misal: 021)
Indosat Tidak bisa Rp 990 /menit Tidak bisa
Smartfren Tidak bisa Rp 990 /menit Tidak bisa
Kartu As Rp 1.016 /menit Rp 1.800 /menit Bisa = kuota nelpon ke semua operator jika pakai kode area (misal: 021)
Simpati Loop Rp 601 /30 detik Rp 1.800 /menit Bisa = kuota nelpon ke semua operator jika pakai kode area (misal: 021)
simPATI
  • Jika < 5 detik = Rp 204
  • Jika 5 detik = Rp 407 /10 detik
Rp 1.800 /menit Tidak bisa
3 (Tri) Tidak bisa Rp 990 /30 detik Tidak bisa

 

Dari tabel di atas, biaya telpon Halo BCA via ponsel termurah jika tanpa paket nelpon adalah dengan Axis atau XL yaitu Rp 600 per menit (tanpa kode area).

Metode lebih murah adalah pakai paket nelpon ke semua operator / operator lain jika Anda pengguna Axis, XL, Kartu As, atau Simpati Loop. Caranya:

  • Gunakan kode area (021) untuk telpon ke Call Center BCA dari HP agar bisa menggunakan paket nelpon ke operator lain
  • Jika gagal, coba kode area lain seperti 022. Walaupun itu kode area Bandung, kode itu bisa dipakai oleh nasabah di manapun termasuk Jakarta.
  • Jika tidak memakai kode area, pulsa Anda akan terpotong.

Berikut ini daftar paket nelpon termurah ke operator lain untuk Axis, XL, Kartu As, dan Simpati Loop. Tabel kami urutkan dari yang termurah.

Operator Paket Nelpon Termurah ke Operator Lain Kuota Nelpon Masa Berlaku
Kartu As Rp 3.000 20 menit 1 hari
Simpati Loop Rp 5.000 20 menit 1 hari
Axis Rp 3.900 10 menit 1 hari
XL Rp 6.000 15 menit 1 hari

 

Perbandingan tarif nelpon Halo BCA dari HP Pakai paket pada tabel di atas VS Tanpa paket ke Call Center BCA 021 1500888 / tanpa kode area (termurah) menggunakan ke-4 kartu tersebut kami contohkan di tabel. Tarif paket nelpon ke operator lain termurah kami konversi ke per menit agar perbandingan menjadi apple to apple:

Operator Tarif Nelpon ke 021-1500888 Pakai Paket Nelpon ke Operator Lain termurah Tarif Nelpon ke 1500888 Tanpa Paket Termurah
Kartu As Rp 150 /menit Rp 1.016 /menit
Simpati Loop Rp 250 /menit Rp 1.202 /menit
Axis Rp 390 /menit Rp 600 /menit
XL Rp 400 /menit Rp 600 /menit

 

Trik Nelpon No Call Center BCA Bebas Pulsa

Ada cara untuk nelpon nomor Halo BCA bebas pulsa, yaitu dengan menggunakan aplikasi free call. Contoh aplikasi paling populer adalah Dingtone. Untuk telp Halo BCA gratis dengan Dingtone, Anda wajib mengawali dengan kode area, yaitu 021-1500888. Pastikan paket internet Anda aktif, karena nelpon dengan Dingtone tidak perlu pulsa, tapi kuota internet akan terpotong.

Cara telepon Halo BCA bebas pulsa pakai Dingtone:

  1. Download aplikasi Dingtone di Playstore (Android) atau App Store (iOS)
  2. Buka aplikasinya, buat akun Dingtone dengan nomor HP Anda
  3. Setelah terdaftar, Anda akan mendapatkan 15.0 credit.
  4. Pilih menu ‘Call’ lalu masukkan nomor telepon BCA (awali dengan 021), lalu tekan tombol telepon
  5. Jika sudah selesai, credit akan berkurang sesuai durasi telpon Anda.

Tarif credit yang dikenakan untuk nelpon no telp BCA adalah 2.8 credit per menit + 1 credit biaya koneksi. Karena Anda hanya memperoleh 15 credit saat pertama kali registrasi, maka estimasi menit nelpon gratis yang didapat untuk telpon ke nomor Halo BCA 24 jam adalah 5 menit. Jika credit Dingtone habis, maka aplikasi tidak bisa digunakan untuk nelpon Call Center BCA gratis lagi.

Anda bisa isi ulang kredit berbayar jika credit habis. Masa kadaluarsa credit Dingtone adalah 12 bulan. Untuk isi ulang credit, ada 3 pilihan pembayaran yaitu melalui Kartu kredit, Paypal, atau Google Play. Proses ini mirip dengan cara beli Diamond di videogame HP. Tarif credit Dingtone sebagai berikut:

Tarif Credit Dingtone (Rp) Besar Credit Diperoleh Masa Kadaluarsa
  57.000 200 credit 1 tahun
139.000 500 credit + bonus 100 credit (bonus hangus 6 jam setelah pembelian) 1 tahun

 

Membeli credit di Dingtone bisa jadi lebih murah ataupun lebih mahal dibandingkan nelpon dengan tarif normal (langsung potong pulsa).

Tabel di bawah membandingkan jumlah menit telpon ke no Customer Service BCA yang diperoleh dengan membeli credit Dingtone VS pulsa reguler (tanpa paket) sesuai dengan harga credit Dingtone.

Nelpon Call
Center BCA Card via
Durasi Nelpon (menit)
Biaya Rp 57.000 Biaya Rp 139.000
Dingtone 71 menit 178 menit + bonus 35 menit
XL 95 menit 231 menit
Axis 95 menit 231 menit
Indosat 57 menit 140 menit
Smartfren 57 menit 140 menit
Kartu As 56 menit 136 menit
Simpati Loop 47 menit 115 menit
simPATI 31 menit 77 menit
3 (Tri) 28 menit 70 menit

 

Hanya pada kartu XL dan Axis di mana tarif nelpon ke Call Center Bank BCA via potong pulsa langsung (tanpa paket) lebih murah dibandingkan dengan Dingtone. Selain 2 operator tersebut, membeli credit Dingtone tetap lebih murah.

Sebelum membeli credit Dingtone, pastikan durasi nelpon yang Anda butuhkan cukup lama, atau butuh nelpon ke no Bank BCA dan call center lainnya berkali-kali di masa depan, agar credit tidak sia-sia. Sisa credit Dingtone tidak akan kadaluarsa, sehingga Anda bisa memakainya untuk menelepon kapan saja.

Sebagai alternatif beli credit Dingtone, ada cara mendapatkan credit Dingtone gratis:

  • Daily check-in
  • Invite friend
  • Menonton video iklan
  • Mengisi survey atau menginstall suatu aplikasi (sesuai petunjuk)
  • Memenangkan undian harian
  • Share ke Twitter

 

Sosial Media BCA

Selain melalui telp Halo BCA, Anda juga bisa menghubungi Customer service BCA online melalui media sosial. Gunakan CS Digital BCA berikut untuk mendapat informasi atau bertanya:

Medsos BCA Layanan CS BCA Online
Twitter Halo BCA : @HaloBCA Menanggapi pertanyaan untuk semua produk BCA
Twitter Bank BCA : @BankBCA Info + menanggapi pertanyaan semua produk BCA
Twitter Kartu Kredit BCA : @KartuKreditBCA Info + menanggapi pertanyaan seputar kartu kredit BCA
Twitter Tahapan Xpresi BCA : @XpresiBCA Info + menanggapi pertanyaan seputar Tahapan Xpresi BCA
Twitter Good Life BCA : @GooldLifeBCA Info + menanggapi pertanyaan seputar gaya hidup terkini dengan BCA
Twitter Bisnis BCA : @BizGuideBCA Info + menanggapi pertanyaan seputar partner / rekening bisnis di BCA
Facebook Bank BCA : @BankBCA Info + menanggapi pertanyaan semua produk BCA
Facebook Kartu Kredit BCA : @KartuKreditBCA Info + menanggapi pertanyaan seputar kartu kredit BCA
Facebook Tahapan Xpresi BCA : @XpresiBCA Info + menanggapi pertanyaan seputar Tahapan Xpresi BCA
Facebook Good Life BCA : @GooldLifeBCA Info + menanggapi pertanyaan seputar gaya hidup terkini dengan BCA
Facebook Bisnis BCA : @BizGuideBCA Info + menanggapi pertanyaan seputar partner / rekening bisnis dengan BCA
Instagram : @goodlifebca Info seputar travel, kuliner, gaya hidup + menanggapi pertanyaan semua produk BCA
Youtube : Solusi BCA Info promo dan produk
LINE : @BankBCA Info promo dan produk
LinkedIn : PT Bank Central Asia Tbk Memberikan info seputar perusahaan, karyawan, dan lowongan kerja BCA

 

Semua akun BCA Twitter dapat menanggapi setiap pertanyaan nasabah. Meski ada pembagian Twitter yang khusus kartu kredit, Tahapan Xpresi, dan lainnya, tapi Anda juga bisa menanyakan tentang semua produk tersebut di Twitter @HaloBCA. Twitter Halo BCA merupakan akun resmi BCA yang ditujukan untuk melayani nasabah yang ingin mengajukan pertanyaan, komplain, atau saran untuk semua produk BCA.

Jika Anda tidak punya Twitter, Anda juga bisa bertanya melalui BCA Facebook atau Instagram. Anda bisa mengajukan pertanyaan di kolom comment atau di chat Messenger FB maupun Direct Message Instagram.

Sosmed BCA tidak bisa mengatasi permasalahan yang bersifat ‘transaksi’ seperti pengecekan status transaksi dengan rekening BCA, gagal transfer via e-banking, atau kendala lain yang bersifat personal dan perlu membuka data nasabah. Anda akan disarankan untuk telp BCA ke No Halo BCA 1500888.

Selain Twitter, Facebook, dan Instagram, rata-rata akun Halo BCA online lainnya hanya bisa memberikan informasi produk atau promo BCA dan tidak menanggapi pertanyaan nasabah.

 

E-mail BCA

Jika Anda tidak punya Twitter, Instagram, maupun Facebook dan tidak punya pulsa untuk telpon ke No Halo BCA, Anda bisa menyampaikan pertanyaan / keluhan melalui email Halo BCA. Hubungi CS BCA e-mail di [email protected].

Anda hanya bisa menanyakan hal-hal bersifat umum melalui email BCA. Jika ingin mengajukan keluhan yang berkaitan dengan transaksi yang Anda lakukan menggunakan produk BCA, hubungi nomor telepon BCA 1500888.

 

Halo BCA Chat 24 Jam

Cara lain untuk menyampaikan pertanyaan seputar BCA bisa dengan live chat di website BCA (Halo BCA Chat).

Untuk pengguna PC / Laptop :

  1. Kunjungi https://bca.co.id/
  2. Lalu klik ikon chat di sebelah kanan bawah website
  3. Masukkan nama, email, dan no HP lalu klik Submit
  4. Tunggu beberapa saat hingga Anda terhubung dengan Customer Service Bank BCA

Untuk pengguna smartphone:

  1. Kunjungi https://halo.bca.co.id/buzz-widget/#/
  2. Masukkan nama, email, dan no HP lalu klik Submit
  3. Tunggu beberapa saat hingga Anda terhubung dengan CS BCA

Live chat dengan CS BCA 24 jam adalah cara paling cepat dan efektif untuk menyampaikan pertanyaan Anda seputar produk BCA. Customer service live chat BCA relatif cepat dalam menanggapi pesan chat Anda, hanya hitungan menit saja. Tetapi Halo BCA Chat tidak bisa digunakan untuk komplain hal-hal yang memerlukan akses ke data nasabah / berkaitan dengan no rekening BCA. Hal tersebut hanya bisa dilakukan melalui Halo BCA telepon di nomor 1500888.

 

Cabang BCA

Kantor Cabang BCA adalah pusat layanan Customer service Bank BCA 2023. Jika Anda mengalami kendala yang tidak bisa diatasi melalui Call Center BCA atau channel BCA CS lainnya, Anda bisa datang langsung ke kantor cabang BCA terdekat di kota Anda. Contoh servis:

  • Buka tabungan BCA
  • Membuat kartu kredit BCA
  • Membuat mobile banking / internet banking BCA
  • Ganti kartu ATM
  • Kehilangan kartu ATM
  • dll.

Daftar lengkap alamat bank BCA bisa Anda akses di halaman resmi Bank BCA .

Yang perlu dibawa saat mengunjungi cabang BCA terdekat:

  • Buku tabungan / ATM / kartu kredit BCA / produk lain BCA
  • KTP asli pemilik produk BCA

 

Kantor Pusat BCA

Jika kendala Anda masih tidak bisa dilayani di kantor cabang, Anda bisa mencoba ke kantor pusat bank BCA dengan alamat:

Kantor Pusat BCA
Menara BCA, Grand Indonesia

Jl. MH Thamrin No. 1
Jakarta 10310
Telepon : (021) 235 88000
Fax : (021) 235 8830

 

Jika Tidak Ada Solusi = Pindah Bank

Jika Anda sering mengalami kendala dengan ATM / kartu kredit BCA yang Anda miliki, misalnya ATM BCA di sekitar Anda sering gangguan, e-banking BCA error, atau kendala transaksi dengan kartu kredit BCA, mungkin itu artinya Anda perlu berpindah bank dengan fasilitas dan pelayanan yang lebih baik.